Nelayan Minaesa Wori Sambut Kehadiran MDPI

0
124

Hukum Tua Saprin Fanah : Sangat Membantu dan Kami Berterima Kasih

TNews, Minut – Lembaga Swadaya Masyarakat Masyarakat Dan Perikanan Indonesia (MDPI) sebagai Non Goverment Organisation (NGO) yang fokus melakukan pendampingan nelayan tuna skala kecil di Indonesia, yang berpusat di Bali, hadir dan bekerja bersama masyarakat nelayan di desa Minaesa kecamatan Wori.
LSM yang melakukan pelatihan program Sustainability Fisheries and Fair Trade Tuna ini, melaksanakan berbagai kegiatan berbau pemberdayaan guna melaksanakan pendekatan di desa yang 95 persen warganya adalah nelayan ini.
Kegiatan yang membantu ini, seperti yang dilaksanakan bersama para ibu nelayan, Sabtu (21/08/2021), ketika para suami melaut para ibu dapat memberikan tambahan penghasilan penunjang ekonomi keluarga, dengan diberikan pelatihan dan pendekatan-pendekatan ekonomis yang bermanfaat.


Hukum Tua Minaesa Saprin Fanah mangatakan, kehadiran LSM MDPI sangat membantu pemerintah dan masyarakat, terutama mambantu kaum Nelayan yang ada. “Kehadiran MDPI sangat membantu dan kami mewakili masyarakat nelayan di Minaesa berterima kasih. Semoga ke depan kolaborasi antara MDPI dan masyarakat nelayan di Minaesa akan berlangsung dengan baik dan berkesinambungan,” kata Fanah.
Sementara itu Menurut Menurut Novita Wulandari Asisten Site Leader dan Subhan Murid Field Staff MDPI, rintisan kegiatan di Minaesa sudah sejak 2019 dan 2020, namun pelaksanaan kegiatan dimulai bulan Juni-Juli 2021 yang berawal fasilitasi dan sosialisasi terhadap masyarakat nelayan tentang perizinan kapal, terkait dokumen pas kapal kecil.
Kehadiran MDPI awalnya kurang diterima, namun setelah dilakukan pendekatan dan penginformasian dari kedua perwakilan terhadap pola kerja MDPI yang intens terhadap nasib nelayan khusus nelayan tuna skala kecil, akhirnya baik pemerintah maupun masyarakat dapat menerima dan mau bekerjasama, demikian dijelaskan Novita dan Subhan. (MT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.