Pemkab Minut Terus Salurkan Bantuan ke Rakyat Terdampak Pandemi Covid-19

0
63

TNews, Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) lewat Dinas Pangan tak hentinya membagikan batuan kepada masyarakat yang terdampak Virus Covid-19.


Sejak 29 Maret 2020 hingga 9 April 2020, Pemkab telah menyalurkan bantuan bahan makanan untuk warga Minut yang tersebar di 10 kecamatan hingga di kepulauan.
Kepala Dinas Pangan Minut Ir Johana Manua didampingi Sekretaris Agustin Tiwow SIP mengatakan, selama dua pekan ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan beras, gula dan ikan kaleng.
“Bantuan makanan yang sudah disalurkan langsung kepada warga berdasarkan petunjuk ibu Bupati, yakni beras sebanyak 50,07 Ton, Gula Pasir 7 Ton dan Ikan Kaleng 20.000 buah. Bantuan kepada masyarakat kami salurkan berdasarkan data di desa yang diberikan oleh Hukum Tua dan Lurah dan memang kami memiliki kendala menyalurkan bantuan ke wilayah kepulauan yang sangat tergantung cuaca, sehingga bantuan ini disalurkan lewat pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan didampingi Dinas Pangan,” jelas Manua.
Selanjutnya untuk tahap dua, Menurut kadis, pihaknya menunggu data penerima kategori prioritas yang berasal dari Desa/Kelurahan.
Bupati Minut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh ketika ditemui wartawan mengatakan, pemkab Minut dalam memberikan bantuan, mengacu pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah, dan diperkuat Surat Edaran Mendagri Nomor: 440/2622/SJ 29 Maret 2020 serta Surat Edaran Gubernur Sulut Nomor : 900/20.2291/Sekr-BKAD, 31 Maret 2020.
“Berdasarkan landasan Permendagri dan Surat Edaran, Pemkab Minut diberikan kewenangan dalam penentuan kategori warga yang akan menerima bantuan. Seban dalam aturan juga menyebutkan, tidak semua masyarakat harus menerima bantuan. Dan Pemkab Minut hanya memberikan bantuan untuk warga yang ekonominya dibawah dan terkena langsung dampak Covid-19 dan juga sedang diatur bagaimana sehingga bantuan ini mencukupi bila permasalahan Corona ini, kemudian berkepanjangan,” ujar bupati VAP. (PCV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.