“Selamat Jalan Pena Ino, Babinsa Serda Stenly Talumesang Berpulang”

0
109
Almarhum Sersan Dua Stenly Talumesang semasa hidup dan berugas sebagai salah satu Baninsa di Koramil 1310/01 Bitung Kodim 1310 Bitung (Foto Ist)

Kodim 1310/Bitung Berduka

TNews, Bitung- Tak ada lagi salah satu prajurit terbaik Komando Distrik Militer 1310/Bitung, ketika Serda Stenly Talumesang (42) salah seorang Babinsa yang keseharian bertugas di wilayah Koramil 1310-01/Bitung Kodim 1310/Bitung, berpulang menghadap Yang Maha Kuasa.


Stenly yang akrab dikenal Penatua Ino, selain sebagai anggota TNI, juga aktif dalam pelayanan khusus GMIM ini meninggal dunia karena sakit, Senin (19/09/2022) sekira pukul 15:15 Wita, di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Wahyu Slamet Kota Bitung.
Pena Ino yang meninggalkan seorang Isteri Ferlin Waworuntu (32) dan 2 orang anak Styver R. Talumesang (15) dan Leonard Kaisar Talumesang (10), ternyata sebelum melaksanakan tugas keseharian sebagai Babinsa, mengeluhkan sakit Asam Lambung yang cukup kronis.
Berikut kronologis kejadian meninggalnya Serda Stenly Talumesang, bermula saat Ia sedang menjalankan tugasnya sebagai Babinsa, menyambangi PT. Sinar Mas Kel. Paceda Kel. Madidir Kota Bitung, bertujuan mengontrol wilayah binaan. Setibanya disana, Ia merasakan lemas dan pusing, dengan segera para pekerja yang berada di tempat tersebut menolongnya dan di larikan ke RSAL dr. Wahyu Slamet Bitung guna mendapat penanganan medis.

Pukul 15:10 Wita, Serda Stenli tiba di RSAL dr. Wahyu Slamet dan langsung ditangani dr. Welly Tinihada. Pukul 15:15 Wita, Serda Stenli dinyatakan meninggal dunia oleh dr. Welly yang menanganinya. Selanjutnya Jenazah Almarhum Serda Stenli Talumesang dibawa pulang oleh keluarga ke kediamannya di Lingk 3 Rt 11 Kel. Paceda Kec. Madidir Kota Bitung, untuk disemayamkan.
Komandan Koramil 1310-01/Bitung Kodim 1310/Bitung Kapten Inf Fredrik Liwutang bersama benerapa anggota Koramil secara langsung ke rumah duka untuk membantu mendirikan bangsal duka serta mengucapkan turut berbelasungkawa yang mendalam kepada Isteri dan keluarga Almarhum.
“Atas nama seluruh teman sejawat kami, menyatakakan bela sungkawa yang sedalam dalamnya,” ujar Danramil.
Terpisah, setelah mendapatkan laporan Danramil, Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan melalui grup WA Kodim 1310/Bitung, Para anggota sekalian, satu orang rekan kita, Sore ini sudah mendahului kita. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, yang bersangkutan difonis kena serangan jantung.
Riwayat sebelumnya, yang bersangkutan. belum pernah sakit jantung ataupun konsultasi dengan dokter jantung dan lain-lain.
Namun salah satu keluhan yang sering dirasakan almarhum adalah asam lambung. Menurut keterangan dokter, asam lambung merupakan salah satu indikator penyakit jantung.
“Kepada para anggota agar memeriksakan diri dan mengecek kondisi kesehatan masing masing. Manfaatkan Faskes yang ada. Setiap hari saya wajibkan tensi di Makodim dan Koramil masing-masing,” pungkasnya.

Sambung Dandim, Besok pagi, selesai Apel, kita sama-sama melayat ke rumah duka di Paceda.
“Semoga Almarhum mendapatkan tempat yang layak di Sisi Tuhan Yang Maha Esa dan Keluarga yang ditinggalkan, diberikan ketabahan dan keikhlasan,” tutur Dandim.
Diketahui, Almarhum Serda Stenly Talumesang mengidap penyakit Asam lambung (akut) yang sudah cukup lama diderita.
Rencananya ibadah dan upacara pemakaman Almarhum Serda Stenli Talumesang, akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 21 September 2022 pukul 12:00 Wita. (Penyunting Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.