Sukses, Bupati JG Perdana Inspektur Upacara Pelaksanaan Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Minut

0
114
Bupati dan Wakil Bupati Minut Joune Ganda, SE dan Kevin Wiliam Lotulung, SH.MH Kompak di Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 di Kabupaten MInahasa Utara, Selasa, 17 Agustus 2021

Kompak, JG-KWL Berdua Didampingi Sang Istri Warnai Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-76

Doa Bersama bupati Joune Ganda, SE dan Ny. Rizya Ganda Gavega sebelum melaksanakan tugas sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76, Sealasa 17 Agustus 2021

TNews, Minut – Tampak gagah dan berwibawa, adalah penampilan Bupati kabupaten MInahasa Utara (Minut) Joune JE Ganda, SE ketika mengenakan berpakain Pakaian Dinas Upacara, kala bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 kabupaten Minut di lapangan upacara Pemkab, Selasa (17/08/2021).

Bupati Minut Joune Ganda, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara

17 Agustus tahun ini, merupakan momentum perdana seorang Joune Ganda sebagai Irup peringatan HUT Kemerdekaan ketika menjadi “Orang Nomor Satu” di kabupaten Minahasa Utara. Tak kalah dengan sang bupati, Wakil Bupati Kevin W. Lotulung, SH.MH juga, terlihat apik dengan seragam kenegaraan yang sama seperti yang dikenakan Joune Ganda.

Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, SH.MH didampingi istri Ny. Kristi Lotulung Arina SE.MM

Kekompakkan JG-KWL sebagai pasangan pemimpin Milenial Minut ini, semakin istimewa di HUT Proklamasi, dengan kehadiran  isteri masing-masing yakni Ny. Rizya Ganda Davega yang juga berkapasitas Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Minahasa Utara, juga Ny. Kristi Lotulung Arina SE MM.

Istri bupati Joune Ganda, Ny. Rizya Ganda Davega terlihat bersama jajaran Forkopimda

Detik menegangkan mampu dilewati sang bupati, ketika Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kemudian bertugas dan memasuki lapangan upacara, kemudian anggota Paskibraka putri Regina Mailoor yang bertugas sebagai pembawa baki bendera, setelah menaiki 17 anak tangga, kemudian berhedapan dengan bupati.

Anggota Paskibraka putri Regina Mailoor yang bertugas sebagai pembawa baki bendera

Dengan konsentrasi yang tinggi, JG sapaan akrab bupati kemudian menyerahkan bendera merah putih untuk di kibarkan oleh Graydi  Kamuh, June Salenda, dan Meydi Mandias yang telah siap di bagian lain kelompok Paskibraka.

Bupati Joune Ganda, SE setelah menyerahkan Bendera Merah-Putih kepada Anggota Paskibraka putri Regina Mailoor untuk dikibarkan

Tak kalah dengan ketenangan dan kepercayaan diri Ganda, tiga putra terbaik Minut, juga dengan mulus menggerek sang Merah Putih menuju puncak tiang tertinggi dan membuang keraguan selama melaksanakan pelatihan.

Bendera Merah-Putih sesat sebelum digerek Tiga Anggota Paskibraka Graydi  Kamuh, June Salenda, dan Meydi Mandias, sebagai petugas penggerek bendera

Pada kesempatan pembacaan Teks Proklamasi, tampil ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong, S.Sos dengan mengenakan baju adat Sangihe, tampil di mimbar kehormatan, dengan percaya diri membaca satu persatu kalimat dalam teks proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan pertama kali oleh Proklamator dan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno. Delon sapaan akrab Lolong, yang juga ketua DPC PDIP Minut, juga didampingi istri Ny. Martha Lolong Kalesaran dengan busana nuansa merah.

Ketua DPRD Minut Denny K Lolong, S.Sos, ketika membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI

Alam dan Cuaca yang cerah di bawah kaki gunung Klabat, turut mendukung suksesnya pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di kabupaten tanah Tonsea, dengan komandan upacara Kapten (Kav) Allan Budi Kusuma anggota Kompi Kaveleri 10 Wori.

komandan upacara Kapten (Kav) Allan Budi Kusuma anggota Kompi Kaveleri 10 Wori ketika memberikan laporakn kepada Inspektur Upacara

Dengan suara yang lantang Komandan Upacara ketika melaporkan selesainya kegiatan upacara, diiringi dengan air muka yang berseri seluruh hadirin peserta upacara diantaranya Anggota Forkopimda Minut, TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, dan undangan, TNI dan Polri.

Bupati Joune Ganda, SE ketika memberikan penghormatan kepada Sang Merah-Putih

Peringatan detik-detik Proklamasi tahun 2021 tetap terlihat disiplin dengan penerapan Prokes Covid-19, bahkan ada kewajiban untuk melewati Rapit Test Antigen maupun Swab Test Covid-19 bagi peserta upacara yang terlibat langsung dan bertinteraksi dalam kegiatan detik-detik Proklamasi.

Kolaborasi Paskibraka dan Pasukan Pengawal setelah melaksanakan tugas menaikan sang Merah-Putih ke tiang tertinggi

Setelah upacara dibubarkan, terlihat wajah-wajah gembira terutama dari para Paskibraka yang adalah putra dan putri terbaik perwakilan SMA/SMK se-Minut.

JG-KWL masing-masing didamping istri dalam upacara

Semula mereka tampak tegang dan kaku ketika bertugas, namun dengan kepercayaan diri berkat gemblengan mental dari para pelatih selang satu bulan terakhir, membuahkan hasil yang baik. Selamat Hari Jadi Negara Republik Indonesia ke 76 Tahun, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. (MT/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.