Boyong 50 Investor, Sandiaga Uno Targetkan 500 Ribu Turis ke Sulut

0
346

TNews, SULUT – Pandemi COVID-19 menghantam seluruh sendi-sendi ekonomi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) tak terkecuali di bidang pariwisata. Hal ini menjadi perhatian khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno sehingga datang langsung ke Sulawesi Utara, Jumat-Minggu (5-7/3/2021). Tidak tanggung-tanggung, Sadiaga ikut memboyong 50 investor ke Sulut.

Rombongan meninjau sejumlah lokasi, diantaranya proyek perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya di Bandara Sam Ratulangi Manado, menghadiri launching vaksinasi di Graha Bumi Beringin, melihat perkembangan UMKM salah satunya di Christine Klapertart Manado, meninjau pembangunan proyek jalan lingkar KEK Likupang, Peninjauan Desa Wisata Kinunang, Pembukaan Kantor KEK Likupang & Penandatanganan Nota Kesepakatan Pembentukan Joint Venture antara MPRD dan ITDC serta gala dinner dengan para investor.

“Pariwisata terutama ekonomi kreatif selama ini terpuruk, terdampak. Masyarakat sedih, prihatin. Dengan bandara ini kita ingin tunjukan bahwa pembangunan infrastruktur ini akan membangkitkan kembali ekonomi kita. Saya ingin bandara ini bisa selesai tepat waktu, tepat manfaat dan tepat sasaran. Hari ini saya boyong 50 investor, untuk lihat potensi Sulut,” ujar Menteri Sandiaga ketika tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Jumat (5/3/2021).

Dijelaskan Sandiaga, pihaknya akan all out membangun pariwisata serta UMKM Sulut. Terlebih pihak GM Angkasa Pura I Minggus Gandeguai menyetujui memberikan spot khusus untuk penampilan produk lokal serta atraksi budaya seperti musik kolintang di areal bandara. Disisi lain upaya 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) menjadi salah satu upaya utama penanganan COVID-19. “Kita akan tingkatkan 3T di masing-masing destinasi wisata. Kita harapkan kedisiplinan sambil kita membangkitkan ekonomi,” ujar Sandiaga.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Praseno Hadi mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengapresiasi kedatangan Menteri Sandiaga ke Sulut dengan harapan bisa diikuti pembangunan yang lebih cepat di daerah wisata. “Betapa banyak teman-teman kita menganggur karena covid. Kami minta bantuan dari Menteri agar bisa dibantu semua sektor pariwisata di Sulut,” ujar Praseno Hadi.

Lanjut Praseno Hadi, Pemprov Sulut menargetkan kunjungan 200 ribu turis ke Sulut setelah pariwisata kembali dibuka. Jumlah itu langsung disanggah Menteri Sandiaga. “Saya targetkan 500 ribu turis ke Sulut,” timpal Sandiaga. Bupati Minut Joune Ganda memastikan akan bekerja cepat mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat.

“Kedatangan Menteri membuat kami lebih bersemangat memacuh kami, dan kami lihat keseriusan pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan di Minut. Kami akan bekerja berlari mendukung apa yang didorong pemerintah puusat, agar KEK Likupang bisa segera selesai. Sehingga ketika turis datang, kami betul-betul sudah siap,” ujar Joune Ganda.

 

Sumber : beritamanado.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.