Kapolresta Manado Gagalkan Insiden Pengambilan Paksa Jenazah PDP Corona

0
256

TNews, HUKRIM – Insiden pengambilan jenazah pasien dalam pengawasan (PDP), kembali terjadi di Kota Manado, tepatnya di RS Pancaran Kasih (RSPK) Manado pada Rabu (10/6/2020). Meski sempat menegang, namun pengambilan jenazah PDP tersebut, berhasil digagalkan oleh pihak TNI/Polri.

Saat dikonfirmasi Tribun Manado, Rabu (10/6/2020) Kasubag Humas Iptu Yusak Parinding membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahkan Kapolres Manado AKBP Elvianus Laoli turun langsung dan memberikan arahan untuk menenangkan pihak keluarga

“Memang dari informasi pihak rumah sakit, jenazah tersebut, meninggal pada Selasa (9/6/2020) malam kemarin, dan berstatus sebagai pasien dalam pengawasan, sehingga proses pemakamannya akan dilakukan sesuai protokol Covid-19,” ujarnya

Namun tambah dia hal tersebut sempat ditolak pihak keluarga, sehingga pada Rabu (10/6/2020) pagi sedikit terjadi riak-riak, di mana keluarga meminta agar jenazah tersebut tidak dimakamkan mengikuti protap Covid-19.

“Dari situ, kita langsung bertindak cepat dengan menambah jumlah personel yang berjaga di RS Pancaran Kasih, dan pak Kapolres langsung turun memberikan arahan, hingga situasinya dapat terkendali,” tandasnya.

Sementara juru bicara gugus tugas Manado, Sanil Marentek mengatakan, kejadian pengambilan paksa jenazah PDP di Manado hingga saat ini telah terjadi tiga kali yang nyaris berurutan di lokasi yang sama di RS Pancaran Kasih, yakni pada tanggal 1 Juni, 2 Juni dan 10 Juni.

“Namun berkat pengalaman dari kejadian pertama, di mana salah satu PDP berhasil diambil paksa, maka tim gugus tugas membangun koordinasi dengan TNI/Polri untuk memperketat penjagaan saat ada kejadian serupa, sehingga pengambilan paksa jenazah PDP pada 2 Juni dan Rabu (10/6/2020) hari ini berhasil digagalkan,” jelasnya.

Marentek pun menyayangkan masih adanya pihak keluarga enggan menerima pemakaman jenazah PDP dilakukan sesuai protokol Covid-19.

“Apalagi kan jelas pemakaman jenazah PDP sesuai protap, sebenarnya untuk melindungi pihak keluarga dari paparan Covid-19, karena sudah ada contoh kasus dimana jenazah PDP yang diambil paksa dan dimakamkan secara normal, ternyata setelah keluar hasil swabnya positif, sehingga ini sangat berbahaya,” tuturnya

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk menghilangkan ego dan bekerja sama guna meminimalisir penyebaran wabah Covid-19, agar tidak ada lagi insiden yang berbahaya seperti ini, terjadi dilingkungan kita.

“Sebab dengan adanya kerjasama yang baik diikuti tingkat kepatuhan yang tinggi terhadap berbagai anjuran pemerintah, maka akan semakin cepat bagi kita untuk memasuki fase new normal,” tandasnya.

Sekedar informasi insiden pengambilan paksa jenazah pasien dalam pengawasan ini, sudah ketiga kalinya terjadi di RS Pancaran Kasih Manado, dimana yang pertama terjadi pada 1 Juni silam dan massa berhasil membawa pulang jenazah PDP yang belakangan terkonfirmasi positif.

Peristiwa kedua terjadi pada 2 Juni, ada salah satu PDP asal Minahasa yang meninggal di RS Pancaran Kasih, namun aksi pengambilan jenazah secara paksa tersebut berhasil digagalkan

Serta peristiwa ketiga terjadi Rabu (10/6/2020) hari ini, dimana keluarga salah satu pasien PDP yang berdomisili di Kelurahan Maasing, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, berupaya membawa pulang jenazah keluarganya yang meninggal pada Selasa (9/6/2020) malam kemarin, namun berhasil digagalkan oleh jajaran TNI/Polri.

 

Sumber: Tribun Manado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.