Komisi I Deprov Jamin Seleksi KIP Sulut ‘Bersih’

0
118

TOTABUANEWS, MANADO – Saat ini Komisi I Dewan Provinsi (Deprov) Sulut telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) periode 20016-2019.

Wakil Ketua Komisi I Deprov, Kristovorus Deky Palinggi, menegaskan pihak mereka akan objektif serta selektif. Palinggi juga menjamin proses seleksi bersih tanpa intervensi dan titipan dari pihak manapun.

“Sudah kami buktikan pada penjaringan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) awal tahun 2015 ini, tidak ada intervensi apalagi titipan dari pihak manapun. Prosesnya dilakukan secara profesional menghasilkan komisioner yang bermutu dan berintegritas,” tutur Palinggi.

Menjamin kinerja maksimal komisioner KPID yang digaji menggunakan APBD Provinsi, Komisi 1 lanjut Palinggi akan selektif memilih. Secara pribadi politisi Golkar peraih suara terbanyak pada pileg 2014 lalu ini, memastikan tak akan memilih komisioner lama dengan alasan kinerja tidak maksimal dan jauh dari harapan publik.

“Setelah dievalusi KIP Sulut selama tiga tahun hanya menangani tak lebih dari 10 kasus, bandingkan dengan KIP Gorontalo hingga 80 kasus. Hasil studi banding ke beberapa daerah ternyata KIP Sulut kinerjanya paling buruk. Atas indikator-indikator tersebut kami tidak akan memilih komisioner lama duduk kembali di periode berikut,” tukas Palinggi.

David Rumondor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.