Perumda Bangun Bitung Bakal Kelola Destinasi Pulau Lembeh

0
79
Rizal Marcos Lumombo (foto google)

TNews, SULUT – Sejumlah destinasi pariwisata di Pulau Lembeh dikabarkan bakal dialihkan pengelolaannya ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bangun Bitung.

Destinasi seperti Puncak Babydoll di Kelurahan Mawali Kecamatan Lembeh Utara, Monumen Trikora di Kelurahan Batulubang Kecamatan Lembeh Selatan dan Patung Yesus di Kelurahan Dorbolaang Kecamatan Lembeh Selatan serta destinasi lainnya bakal dikelola Perumda Bangun Bitung.

“Makanya wacana itu muncul karena ada kaitannya dengan pelayanan KM Tude, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk trip pariwisata khusus ke Pulau Lembeh akan satu paket dengan jasa penyeberangan KM Tude”

Rizal Marcos Lumombo

Informasi itu tidak ditampik Direktur Utama Perumda Bangun Bitung, Rizal Marcos Lumombo yang menyatakan hal itu sudah pernah dibahas dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar serta instansi terkait.

“Secara aturan memang Perumda Bangun Bitung dibolehkan untuk mengelola apapun yang berpotensi pemasukan bagi kas daerah, termasuk destinasi pariwisata,” kata Rizal, Selasa (8/3/2022).

Mengacu ke aturan kata Rizal, Perumda Bangun Bitung hanya tidak diperbolehkan untuk mengelola masalah air dan pasar. Di luar kedua larangan itu, semua sektor bisa dikelola termasuk pertambangan seperti galian C serta jenis usaha lainnya.

Dasar pengalihan pengelolaan destiasi pariwisata di Pulau Lembeh ke Perumda Bangun Bitung, lanjut Rizal, dikarenakan masih ada kaitannya dengan salah satu jenis usaha penyeberangan ke Pulau Lembeh yakni KM Tude.

“Makanya wacana itu muncul karena ada kaitannya dengan pelayanan KM Tude, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk trip pariwisata khusus ke Pulau Lembeh akan satu paket dengan jasa penyeberangan KM Tude,” katanya.

Pun baru sebatas wacana dan sementara digodok, mantan aktivis ini mengaku sudah menghubungi sejumlah pihak untuk bersama-sama mengelola destinasi di Pulau Lembeh agar menarik bagi wisatawan lokal dan luar negeri.

“Jika wacana itu terealisasi, maka yang pertama kali akan digarap adalah Monumen Trikora dengan menghadirkan wahana air serta restoran dengan pemadangan laut dan Kota Bitung. Dua konsep awal ini pasti akan menarik wisatawan untuk datang,” katanya.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.