Tiga Nama Pengganti Herwyn Malonda, Satu Orang Menolak

0
411
Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda

TNews, MANADO – Salah satu putra terbaik Sulawesi Utara, Dr. Herwyn Malonda terpilih sebagai anggota Bawaslu RI periode 2022-2027.

Jabatan ini sangat prestisius karena akan bertugas mengawasi pelaksanaan pemilu dan pilkada yang akan digelar pada 2024.

Namun di satu sisi, Herwyn Malondo harus melepas jabatannya sebagai komisioner dan ketua Bawaslu Sulut.

BACA JUGA : Mengenal Sosok Herwyn Malonda, Tuama Kakas Naik Berkarir ke Tingkat Nasional

Untuk menggantikan posisi tuama Kakas ini, terdapat 3 nama yang masuk 8 besar pada proses seleksi Bawaslu Sulut 2017 lalu.

Ketiga nama tersebut adalah Zulkifly Densi, Jamaludin Lamato dan Yurike Kaeng.

Menurut Dr. Ferry Daud Liando dari Konsorsium Tata Kelola Pemilu, sesuai Peraturan Bawaslu Nomor 19 Tahun 2017 bahwa anggota Bawaslu Provinsi, digantikan oleh calon anggota Bawaslu Provinsi urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh Bawaslu.

“Dengan demikian jika mengikuti peringkat seleksi pada tahun 2017 lalu, Zulkifly Densi berhak menggantikan Herwyn Malonda,” jelas Ferry Liando.

Namun Zulkifly Densi saat ini menjabat sebagai anggota Bawaslu Kota Bitung hingga 2023.

Jika Zulkifly Densi tidak bersedia atau menolak maka yang akan menggantikan Herwyn Malonda adalah calon Pergantian Antar Waktu (PAW) di posisi peringkat selanjutnya.

“Dari ketiga nama ini akan dipilih di antara mereka yang masih memenuhi syarat sebagai calon. Jika ada yang sudah menjadi pengurus partai politik maka dianggap tidak memenuhi syarat lagi,” pungkas Ferry Liando. (Kon/TNews)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.