Tingginya Angka Stress, Cindy Wurangian Dorong Pemerintah Sediakan Layanan Konseling

0
32
Cindy Wurangian

TNews, SULUT – Tingginya angka orang stres hingga berujung pada tindakan bunuh diri, menjadi perhatian legislator DPRD Sulut Cindy Wurangian.

Dimana, Cindy Wurangian mengatakan, saat ini pihaknya ingin membawa perhatian kita kepada satu isu yaitu layanan bantuan kepada orang yang stres atau namanya hotline konseling psikologi.

“Ternyata di Sulut banyak kasus yang tidak terdeteksi yang mengakibatkan warga masyarakat, baik tua, muda, pria, wanita, kaya, miskin, bunuh diri. Apakah ini menjadi perhatian atau ada program di Dinkes (Dinas Kesehatan) untuk menangani hal-hal seperti ini,” kata Wurangian.

Ditambahkan srikandi Partai Golkar ini, keterlibatan atau kepedulian pemerintah Sulut melalui dinas terkait tentang kesehatan mental harus digaungkan.

“Karena kalau orang sudah stres ingin bunuh diri, dia akan coba bicara dengan keluarga. Kalau keluarganya tidak tanggapi, dia berbicara dengan temannya. Kalau temannya tidak tanggapi, dia tidak tahu ke mana, akhirnya dia gantung diri, minum baygon dan sebagainya. Ini perlu diintervensi,” tuturnya.

Ia membeberkan, kasus seperti ini ada dan banyak terjadi. Ia pun berharap sudah ada program dan kegiatan dari Dinkes.

“Dinkes harus memperhatikan isu-isu seperti ini, apalagi dalam masa COVID-19 secara finansial orang-orang yang mengalami permasalahan ada. Ini perlu menjadi perhatian dari Dinkes dan saya harapkan isu-isu seperti ini harus disentuh,” bebernya.

Ia mengatakan, kalau Dinkes sudah melaksanakan hal tersebut, diminta untuk diberikan data.

“Servis seperti apa yang diberikan Dinkes, apakah ada layanan telepon yang bisa dihubungi oleh orang-orang yang membutuhkan bantuan,” katanya.

Sumber : Beritamanado.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.