‘Ngabuburead & Bookber’ dan Harapan Panti Asuhan Ar-Rahman Mongkonai

0
150
Yayasan Ar-Rahman Mongkonai, Kotamobagu Barat. (Foto : Fabio/TNews)

TNews, Kotamobagu – Antusiasme yang tak terbendung tampak jelas di wajah Pra., (3), seorang anak dari Panti Asuhan Ar-Rahman, Kel. Mongkonai, Kec. Kotamobagu Barat, saat mendengarkan pagelaran Literasi oleh Komunitas Moisipun bersama MAN 1 Kotamobagu.

Anak mungil ini, dengan peci hitam yang dikenakan dan senyumannya yang menawan, telah menunjukkan ketertarikan yang luar biasa pada kegiatan yang digelar di Panti asuhannya pada Jum’at, 5 April 2024 ini.

Kegiatan yang bertema ‘Raih Berkah Ramadan; Menebar Kepedulian dengan Kasih dan Literasi’ menghadirkan mentor-mentor terbaik dari Komunitas Moisipun dan MAN 1 Kotamobagu. Kedatangan mereka membuat Pra., dan anak-anak lainnya terlihat begitu riang dan ceria.

“Kegiatan yang diselenggarakan ini adalah hasil buah fikiran dari Komunitas Moisipun dan berbagai Organisasi di MAN 1 Kotamobagu, diantaranya; Forum Literasi, Siswa Madrasah Mengajar, Sahabat Qur’an, Sahabat Alam,” ucap Zulfikar Danial, salah satu mentor pada kegiatan tersebut.

Foto anak-anak Panti Asuhan Ar-Rahman saat sedang mendengarkan games dari Dea Pontoh. (Foto : Moneka/Forum Literasi)

Literasi yang dikemas dengan buka bersama dan mendengarkan dongeng-dongeng para nabi, menjadi alasan terpenting dalam membentuk semangat belajar anak-anak dari Panti Asuhan Ar-Rahman ini.

Dengan pendekatan yang kreatif dan interaktif, para mentor ‘Ngabuburead & Bookber’ ini menciptakan lingkungan yang merangsang animo dan keingintahuan anak-anak Panti Asuhan tersebut.

“Bertepatan di bulan Ramadan, yang kita ketahui bersama sekolah diliburkan dan tentu mengakibatkan kurang maksimalnya proses belajar mengajar. Sebab itulah kami ingin menyajikan wadah berliterasi khusus untuk anak-anak sekaligus jadi wadah bersedekah,” ungkap Dea Pontoh, salah satu mentor dari Komunitas Moisipun.

Dea Pontoh. (Foto : Moneka/Forum Literasi)

Menurut Dea, acara buka puasa sudah terlalu mainstream, sekadar menitipkan donasi sudah biasa, tapi, bersedekah, berbagi kasih, bermain dan berliterasi jarang sekali ditemui.

“Kami tidak ingin hanya sekadar datang dan pergi tanpa kesan, kami ingin berdampak dan diingat,” ungkap Dea.

Selaku komunitas non profit, Dea menambahkan bahwa mereka sering membuka kesempatan donasi terbuka untuk para donatur berbagi rezeki di bulan Ramadan maupun di luar bulan suci umat islam itu.

Seirama dengan itu, Amri Mamonto, selaku penanggung jawab Ngabuburead & Bookber, mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif.

“Berdampak positif bukan hanya untuk anak-anak Panti Asuhan saja, namun, bisa memberikan pelajaran dan pengalaman yang luar biasa kepada mentor-mentor ini yang mayoritasnya adalah siswa-siswi MAN 1 Kotamobagu,” ungkap Amri.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kotamobagu, Liliyanti Kaawoan, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar dari habis sholat ashar hingga tarawih ini.

Kepala MAN 1 Kotamobagu, Liliyanti Kaawoan, saat memberi sambutan pada kegiatan tersebut. (Foto : Fabio/TNews)

“Ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan berbagi kebahagiaan bersama mereka dan memberikan edukasi untuk anak-anak Panti Asuhan tersebut,” ucap Liliyanti.

Harapan Panti Asuhan Ar-Rahman
Kepala MAN 1 Kotamobagu, Liliyanti Kaawoan, saat memberi sambutan pada kegiatan tersebut. (Foto : Fabio/TNews)

Pengasuh Panti Asuhan Ar-Rahman, Fathan Haq, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas diselenggarakan kegiatan ini.

“Harapannya, InsyaAllah akan lebih banyak orang-orang di sekitar kita untuk lebih memperhatikan anak-anak ini yang pada dasarnya terlantar dan yatim piatu,” harap Fathan.

Pengasuh Panti Asuhan Ar-Rahman, Fathan Haq. (Foto : Fabio/TNews)

Selain berbuah pahala, Fathan juga berharap, semoga lewat kegiatan tersebut bisa memberi edukasi dan dampak yang baik untuk anak-anak Panti Asuhannya.

“Semoga setiap kunjungan dan harapan yang diberikan akan mendapat balasan yang lebih baik,” tandasnya.

Fabio

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.