15 Buah yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

0
67
Ilustrasi 15 buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

TNews, KESEHATAN – Bulan Ramadan telah tiba dan banyak orang yang menjalankan puasa selama sebulan penuh. Ketika waktu berbuka tiba, sangat penting untuk memilih makanan dan minuman yang tepat untuk menjaga kesehatan dan memulihkan energi setelah berpuasa sepanjang hari. Salah satu pilihan yang sangat baik adalah buah-buahan segar, yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyediakan banyak nutrisi dan serat.

Daftar buah untuk buka puasa yang bagus dikonsumsi

Rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang sangat penting, terutama setelah menahan dahaga kurang lebih 13-14 jam lamanya. Tak hanya menjadi pengganti cairan tubuh, buah-buahan juga kaya glukosa, serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang tak kalah penting bagi kesehatan.

Di antara banyaknya jenis buah-buahan, berikut adalah rekomendasi buah yang bagus untuk dikonsumsi saat buka puasa.

  1. Kurma

Salah satu buah untuk buka puasa yang bagus dikonsumsi adalah kurma. Tak ayal bila saat bulan Ramadan seluruh umat Muslim mencari kudapan satu ini.

Selain dipercaya sebagai Sunah Nabi Muhammad SAW, mengonsumsi kurma saat buka puasa juga terbukti mampu mengembalikan energi berkat kandungan gula alami, serta padat kalori.

Manfaat kurma berasal dari kandungan serat, protein, dan beragam mineral, yakni kalium, magnesium, tembaga, mangan, besi, hingga vitamin B6 yang penting untuk tubuh. Kurma juga merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan zat besi di dalamnya pun dipercaya dapat membantu menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh Kamu.

Lebih lanjut, konsumsi kurma dapat membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga baik bagi penderita diabetes yang tengah menjalani ibadah puasa.

Ada berbagai jenis kurma yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilihnya sesuai selera. Meski demikian, cermatilah komposisi gula yang tercantum pada kemasan. Pastikan Kamu memilih kurma yang minim kandungan gula, ya.

  1. Pisang

Kamu bisa mengonsumsi pisang sebagai buah yang bagus untuk buka puasa. Ini karena buah pisang merupakan sumber energi, serat, vitamin, serta mineral, terutama kalium dan magnesium.

Mengonsumsi pisang saat buka puasa dapat membantu memulihkan energi dan keseimbangan elekrolit yang mungkin hilang akibat kurangnya asupan makanan dan minuman selama berpuasa.

Tak hanya itu, makan buah pisang saat buka puasa juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

  1. Alpukat

Selain pisang, alpukat juga merupakan pilihan buah yang bagus untuk buka puasa berikutnya.

Manfaat buah alpukat terletak pada kandungan lemak sehat, serta sumber antioksidan, vitamin, mineral, folat, tembaga, dan kalium yang baik bagi tubuh.

Konsumsi secara rutin bisa membantu memulihkan energi yang berkurang saat puasa.

  1. Semangka

Semangka merupakan salah satu jenis buah-buahan mengandung air yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak terkecuali bila dikonsumsi saat waktu berbuka puasa tiba.

Hal ini karena sebanyak 92% kandungan buah semangka adalah air. Kamu pun bisa mendapatkan ragam asupan vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan dan asam amino yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

  1. Melon

Buah melon terdiri atas 90% air dan sisanya elektrolit, seperti kalium, magnesium, sodium, dan kalsium.

Hal tersebut yang membuat buah melon cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena mampu membuat tubuh Kamu terhidrasi dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat buah melon sebagai buah untuk buka puasa juga berasal dari kandungan serat, ragam vitamin B, dan vitamin C.

  1. Blewah

Manfaat blewah berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa. Dengan demikian, buah blewah menjadi salah satu pilihan buah yang bagus dikonsumsi saat buka puasa.

Blewah kaya akan kandungan air yang dapat meningkatkan asupan air dalam tubuh. Jadi, tubuh Kamu dapat terhidrasi dengan baik.

Selain kaya akan kandungan air, buah yang kerap diolah menjadi es buah untuk buka puasa ini merupakan sumber serat.

Serat dan air adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan Kamu untuk mencegah sembelit dan menyehatkan saluran pencernaan.

  1. Anggur

Tahukah Kamu jika anggur juga merupakan alternatif buah untuk buka puasa yang bisa dikonsumsi? Tak hanya kaya kalori, buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Anggur juga kaya akan antioksidan dan ragam vitamin.

  1. Mangga

Buah tropis asli Asia Tenggara ini termasuk buah yang baik untuk buka puasa. Mangga cocok untuk buka puasa karena bisa membantu mengembalikan cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Mangga juga merupakan sumber antioksidan yang berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang biasanya mengikatkan diri ke sel dan menyebabkan kerusakan.

  1. Apel

Meski teksturnya agak keras, apel digolongkan sebagai buah yang mengandung banyak air. Buah yang kaya manfaat ini memiliki kandungan air sekitar 85,56 persen.

Tidak hanya apel merah, kandungan air ini juga bisa Kamu temukan pada apel hijau. Di samping air, apel diperkaya oleh serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

  1. Jeruk

Manfaat jeruk yang utama adalah memberikan asupan vitamin C. Namun, tahukah Kamu bahwa jeruk termasuk buah yang bagus untuk buka puasa? Kandungan air dalam buah berdaging oranye ini bisa mencapai 87% dari bobot totalnya.

Selain itu, jeruk mengandung banyak serat. Kandungan serat ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan. Inilah mengapa jeruk cocok diandalkan bagi Kamu yang tengah menjalani diet saat puasa.

  1. Tomat

Tomat mengandung 94% air, vitamin A, C, K, serta antioksidan yang sebagian besar berupa likopen. Buah yang baik dikonsumsi saat buka puasa ini juga merupakan sumber serat, karbohidrat, gula alami, dan protein dalam jumlah kecil.

  1. Nanas

Pilihan buah yang cocok untuk buka puasa lainnya adalah nanas. Tak hanya mengandung berbagai jenis mineral, termasuk kalium dan magnesium, buah ini mengandung antioksidan, vitamin, dan bromelain yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

  1. Stroberi

Meski ukurannya mungil, siapa sangka stroberi termasuk dalam buah yang cocok untuk buka puasa? Hal ini karena sebanyak 91 persen kandungan buah stroberi adalah air, sehingga baik untuk mengembalikan asupan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Selain itu, stroberi juga dilengkapi dengan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral, termasuk folat, dan mangan, yang baik untuk kesehatan tubuh Kamu.

  1. Belimbing

Jika Kamu ingin menurunkan berat badan selama puasa, buah belimbing bisa jadi camilan yang sangat lezat dan menyehatkan.

Buah yang bagus untuk buka puasa ini hanya mengandung sedikit kalori, selain itu, serat dan nutrisi lainnya juga banyak. Jika Kamu mengonsumsinya, metabolisme tubuh akan meningkat.

Serat yang dikandungnya pun bisa membantu Kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebih.

  1. Pepaya

Kandungan air yang tinggi dan enzim papain dalam pepaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi kembung dan sembelit saat puasa.

Selain itu, serat dalam buah pepaya juga dapat mendorong aktivitas usus secara teratur sehingga membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Tak heran bila pepaya menjadi pilihan buah yang bagus untuk buka puasa.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.