17 Relawan Uji Vaksin Corona Sinovac ‘Drop Out’

0
67

TNews, SEHAT – Pelaksanaan uji klinis vaksin Corona dari Sinovac di Indonesia masih berlangsung. Uji klinis yang melibatkan 1.620 warga Indonesia ini menurut peneliti berjalan dengan baik dan diprediksi selesai sekitar bulan Maret 2021.

“Proses uji klinis selama ini sementara waktu itu cukup baik. Kami sudah melakukan 1.620 yang disuntikkan pertama kemudian 1.650 suntikkan ke dua. Sampai sekarang tidak ada yang mengkhawatirkan,” ujar Ketua Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 Kusnandi Rusmil dalam komferensi pers yang disiarkan Kemkominfo pada Selasa (3/11/2020).

Kusnandi mengatakan ada 17 relawan yang berhenti atau drop out dari penelitian. Namun, ia memastikan para relawan berhenti bukan karena efek samping serius dari vaksin COVID-19.

“Memang karena mereka pindah bekerja, ada penyakit lain. Umpamanya tipes sehingga dia tidak bisa melakukan imunisasi kedua sehingga dia drop out,” ungkap Kusnandi.

“Sekarang ini yang drop out ada 17 orang. Tujuh karena pindah kerja, yang delapannya karena sakit yang bukan disebabkan oleh imunisasi,” pungkasnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.