4 Penyebab Penyakit Ginjal pada Anak dan Remaja

0
75
ilustrasi

TNews, SEHAT – Bukan tanpa alasan penyakit ginjal menjadi salah satu silent killer. Pasien umumnya baru menyadari masalah pada ginjal saat sudah memasuki stadium lanjut.

Meski umumnya menyerang kelompok dewasa-tua, namun bukan tak mungkin penyakit ginjal juga dialami anak dan remaja. Penyebab penyakit ginjal pada anak dan remaja juga beragam.

Dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), Aida Lydia mengatakan, gangguan ginjal pada usia muda umumnya tergolong sebagai penyakit bawaan, khususnya pada bayi.

“Biasanya ini bawaan lahir dan memang tidak bisa dicegah. Ada beberapa penyakit bawaan, salah satunya penyakit ginjal ini,” kata Aida dalam webinar Hari Ginjal Sedunia 2022: Ginjal Sehat untuk Semua, Rabu (9/3).

Penyebab Penyakit Ginjal Usia Muda

Hanya saja, jika penyakit ginjal ini menyerang anak-anak usia enam tahun atau lebih yang semula tidak memiliki kelainan ginjal, faktor eksternal bisa jadi penyebabnya.

Berikut penyebab penyebab penyakit ginjal pada anak dan remaja.

  1. Infeksi

Seorang anak usia sekolah dasar bisa saja mengalami penyakit ginjal. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh peradangan atau infeksi yang terekspos dari lingkungan.

“Ada masalah pada glomeruli atau lapisan penyaring pada ginjalnya yang kemudian terserang oleh virus atau bakteri sehingga menyebabkan infeksi,” kata Aida.

  1. Hipertensi dan diabetes

Anak atau remaja juga bisa mengalami hipertensi dan diabetes. Masalah kesehatan ini bisa merembet pada ginjal hingga menyebabkan kerusakan fungsi ginjal.

  1. Konsumsi garam dan gula berlebihan

Para orang tua memang harus mengontrol asupan garam dan gula pada anak karena bisa merusak ginjal.

“Apalagi jika asupan garam dan gulanya tidak dikontrol dari balita, anak saat masuk usia 5 atau 6 tahun bisa punya kelainan ginjal,” kata dia.

  1. Overweight

Kelebihan berat badan pada anak dan remaja bisa mengganggu fungsi ginjal. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang memang harus dilakukan sejak dini.

Anak lebih rentan terkena masalah ginjal jika tidak melakukan kontrol terhadap asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Menurut Aida, gaya hidup sehat adalah kunci utama mencegah kerusakan pada ginjal. Minum air putih sesuai kebutuhan tubuh juga sangat disarankan.

Selain itu, rutin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit juga sangat disarankan, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko penyakit ginjal.

“Kalau punya keluarga yang memiliki riwayat ginjal sebaiknya berhati-hati, jangan menunggu gejala muncul, pemeriksaan rutin sangat disarankan,” kata dia.

Aida juga mengingatkan agar tidak pernah menyepelekan saran dokter. Jika memang Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau penyakit lainnya, minumlah semua obat yang disarankan.

“Jangan berpikir bahwa obat bisa menyebabkan ginjal rusak, justru penyakit hipertensi yang Anda biarkan yang bisa merusak ginjal. Ketahuilah bahwa dokter memberi obat sesuai dengan kebutuhan pasien,” kata dia.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.