Astaga! Tanaman Beracun Ini Diusulkan Jadi Obat Corona

0
362

TNews, SEHAT – Pemimpin perusahaan bantal sekaligus donatur Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Mike Lindell, merekomendasikan senyawa oliandrin sebagai obat virus Corona COVID-19. Mike mengaku reaksi Trump cukup antusias ketika tahu senyawa yang diambil dari tumbuhan oleander bisa jadi obat.

“Obat ini bekerja, benar-benar keajaiban sepanjang waktu,” kata Mike seperti dikutip dari New York Times, Sabtu (22/8/2020).

Klaim ini kemudian memicu kekhawatiran dari berbagai ilmuwan. Ini karena tidak ada studi yang menjelaskan bagaimana senyawa oliandrin bisa bekerja melawan virus Corona dan bila salah sedikit saja berisiko fatal karena senyawa tersebut beracun.

Mengonsumsi bagian apa saja dari oleander diketahui bisa menyebabkan kematian.

“Jangan main-main dengan tanaman ini,” kata ahli botani medis, Cassandra Leah Quave, dari Emory University.

Sebetulnya bukan tidak mungkin senyawa beracun bisa dimanfaatkan sebagai obat. Hanya saja studinya perlu benar-benar matang karena risikonya yang tinggi.

Peneliti dari Phoenix Biotechnology diketahui sedang mengerjakan manfaat oliandrin untuk melawan virus Corona. Namun, studinya masih dalam tahap awal dan belum tentu yang terjadi di laboratorium dapat diaplikasikan langsung ke manusia.

“Tes antiviral pada sel hanya tahap awal. Hasil yang baik perlu dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pada hewan,” kata virolog Scott Weaver dari University of Texas.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.