Bahan Makanan Ini Disebut Bisa Cegah Corona

0
143

TNews, KESEHATAN – Para peneliti ikut sibuk mencari racikan makanan pencegah virus corona. Ada jahe, kunyit hingga jeruk nipis yang bisa diandalkan untuk mencegah virus corona.

Banyak peneliti menemukan bahan makanan yang khasiatnya bisa memperkuat sistem imun. Jika sistem imun tubuh kuat maka dengan mudah melawan berbagai virus termasuk virus corona. Sambil mencegah penularannya, upayakan juga dengan memperkuat sistem imun.

Para peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut jahe, kunyit dan temulawak sebagai rempah alami yang menguatkan sistem imun agar terhindar dari virus corona. Seorang pakar biologi UGM Profesor Budi Setiadi Daryono meminta pemerintah untuk membantu menfasilitasi penelitian lebih lanjut soal rempah ini.

Sebelumnya, Profesor Chairul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga menyebutkan kalau rempah seperti jahe, temulawak dan kunyit yang mengandung curcumin secara alami bisa menguatkan sistem imun. Rempah ini juga diklaim bisa meredakan masalah pada paru.

Penelitian ini dilakukan saat maraknya kasus flu burung beberapa waktu silam. Dengan penelitian lanjutan, bisa jadi rempah yang mengandung curcumin ini juga ampuh mengobati berbagai penyakit lain.

Selain jahe, kunyit dan temulawak, peneliti dari UGM juga menyebut jeruk nipis sebagai herbal yang baik untuk melawan virus.

Dari penelitian berjudul Revealing the Potency of Citrus and Galangal Constituents to Halt SARS-CoV-2 Infection yang dilakukan oleh Edy Meiyanto, Rohmad Yudi Utomo, dan Muthi Ikawati menyebutkan bahwa jeruk punya kandungan antioksidan yang lebih kaya daripada rempah lainnya.

Uniknya, bukan hanya daging buahnya saja yang mengandung senyawa berkhasiat, tapi bagian kulit jeruk juga tak kalah penting. Oleh karenanya disarankan untuk mengolah jeruk sekaligus dengan bagian kulitnya.

Adanya beberapa penelitian ini membuat masyarakat ramai-ramai memburu aneka rempah serta mengolahnya menjadi jamu. Berikut salah satu resep jamu yang dibagikan pakar herbal dr. Zaidul Akbar.

Bahan
1-2 telunjuk kunyit
1 jempol besar lengkuas
5-7 lembar secang
1/2-1 buah jeruk nipis
300 ml air

Cara membuat
1. Iris atau parut kunyit dan lengkuas,
2. Rebus parutan kunyit, lengkuas dan secang selama 2-3 menit,
3. Setelah hangat tambahkan air jeruk nipis dan madu,
4. Minum 1-2 kali sehari sebelum makan

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.