Berikuit 10 Rekomendasi Jus yang Bagus untuk Diet

0
237

TNews, KESEHATAN – Jus buah atau sayur seringkali dijadikan minuman andalan bagi yang sedang diet karena diklaim mengandung tinggi serat dan bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Akan tetapi, tidak semua buah-buahan dan sayuran memiliki serat yang cukup untuk memenuhi nutrisi harian selama diet. Untuk itu, berikut ini ada beberapa rekomendasi jus yang bagus untuk diet dari buah-buahan serta sayuran.

 Jus Buah untuk Diet

  1. Jus Jeruk

Jus jeruk dengan rasanya yang segar bisa menjadi alternatif minuman sehat karena kandungan lebih sedikit kalori. Selain itu, jeruk juga sudah dilengkapi dengan nutrisi seperti vitamin C, serat, gula alami, dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga sistem imun serta menangkal radikal bebas.

  1. Jus Mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah dengan kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga bisa dijadikan jus untuk diet karena membuat efek kenyang lebih lama. Rutin minum jus mentimun juga berfungsi menormalkan pergerakan usus dan membantu menurunkan kolesterol darah.

  1. Jus Nanas

Jus yang bagus untuk diet selanjutnya yaitu nanas. Muatan enzim yang disebut bromelain pada nanas ini berguna sebagai metabolism protein dan bisa membakar lemak perut. Enzim lain seperti lipase dalam nanas juga dapat menekan nafsu makan. Bahkan mengonsumsi jus nanas bisa dijadikan minuman anti-inflamasi.

  1. Jus Jeruk Bali Merah

Sama seperti jeruk lainnya kaya akan vitamin C, buah jeruk bali merah juga bisa dijadikan jus diet karena mempunyai kandungan lain yaitu enzim untuk membakar lemak. Namun, agar jeruk bali menjadi jus yang bagus untuk diet, serabut putihnya harus dimasukkan bersamaan. Sebab bagian itu mengandung pektin yang baik sebagai pengontrol kadar kolesterol darah.

  1. Jus Bit

Jus buah bit sama sekali tidak mengandung lemak atau kolesterol dan membuatnya sangat memungkinkan untuk mengontrol berat badan. Selain itu, jus buah bit merupakan sumber serat dan apabila rutin mengonsumsinya dapat membantu menjaga pencernaan.

Jus Sayur untuk Diet

  1. Jus Wortel

Wortel yang rendah kalori tetapi penuh serat, sangat cukup baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Minum satu gelas jus wortel ukuran tinggi dapat memberi efek kenyang lebih lama. Bahkan jus wortel juga bisa jadi minuman detoksifikasi dengan campuran sedikit jahe dan apel.

  1. Jus Seledri

Seledri merupakan sayuran kaya nutrisi seperti vitamin A, sumber potasium, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan asam amino esensial lainnya yang baik. Satu gelas jus seledri dipercaya bisa membantu mengurangi berat badan. Di samping itu, seledri memiliki efek diuretik yang berguna memperlancar pembuangan urine.

  1. Jus Kubis

Jus kubis mempunyai kandungan kalori rendah, tinggi vitamin dan sumber mineral. Sehingga tak heran apabila sayuran kubis dipercaya manjur untuk meluruhkan lemak tubuh. Apabila Anda tak terbiasa dengan rasa dari jus kubis, dapat dikombinasikan dengan buah asam seperti jeruk atau apel sebagai penyeimbang rasanya.

  1. Jus Brokoli

Sayuran brokoli biasanya lebih sering direbus untuk dijadikan makanan diet. Bagi Anda yang kurang suka dengan sayur, dapat mencobanya dengan dijus. Serat dalam brokoli cukup padat dan membuat yang mengonsumsinya akan merasa lebih cepat kenyang.

  1. Jus Bayam

Bayam juga sudah tidak asing dijadikan jus untuk diet karena dinilai mempunyai nutrisi penting seperti vitamin E, folat, zat besi, dan serat. Cara mengonsumsi bayam sebagai jus yang bagus untuk diet bisa disiasati dengan campuran buah-buahan seperti apel supaya nutrisi yang didapatnya menjadi lebih lengkap.

 

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.