Daun Ini Bisa Mencegah Penuaan Dini dan Atasi Jerawat

0
5571

TNews, KESEHATAN – Daun kelor kerap digunakan untuk obat tradisional dan ritual. Namun ternyata daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kecantikan hingga kesehatan.

Tanaman kelor bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis seperti Indonesia. Karena itu daun kelor kerap digunakan oleh beberapa orang. Namun tidak banyak yang tahu manfaat daun kelor.

Berikut manfaat daun kelor seperti dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun kelor yakni mencegah penuaan dini. Hal ini karena daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat menjaga kulit agar senantiasa awet muda.

Cara pemakaian daun kelor yakni minyak kelor dan daun kelor bisa digunakan untuk masker wajah. Karena bisa mencegah kerutan di wajah serta melawan kerusakan kulit karena radikal bebas serta mengencangkan kulit sehingga wajah kamu awet muda.

  1. Meringankan Nyeri Haid

Daun kelor dapat melancarkan menstruasi. Kalau sedang nyeri saat menstruasi, jus daun kelor dapat dicoba. Daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Dengan lancarnya siklus menstruasi, maka bisa dikatakan jika rahim seorang wanita berada dalam kondisi sehat dan tingkat kesuburan juga maksimal.

  1. Detoksifikasi

Rajin makan sayur daun kelor bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Efek detoksifikasi yang dimiliki daun kelor bisa mencegah masalah kulit.

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat daun kelor berikutnya yakni mengatasi jerawat. Jerawat yang meradang bisa diatasi dengan sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh daun kelor. Gunakan masker daun kelor untuk mendinginkan kulit.

  1. Mencerahkan Kulit

Daun kelor dapat membantu mencerahkan kulit wajah kusam. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki daun kelor membantu mencerahkan kulit wajah. Gunakan daun kelor yang sudah dihaluskan sebagai masker.

  1. Melembapkan Bibir

Daun kelor juga dapat melembabkan bibir kering dan pecah-pecah. Gunakan daun kelor segar yang sudah ditumbuk sebagai scrub. Kemudian gosok-gosok lembut pada bibir dan diamkan sekitar 5 menit.

  1. Membuat Pori-pori Lebih Halus

Daun kelor memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori. Wajah pun terlihat lebih mulus. Caranya daun kelor dibuat sebagai masker.

Selain manfaat kecantikan, daun kelor juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan:

  1. Mencegah Kanker

Kanker bisa disebabkan karena inflamasi akut. Kandungan isotiosianat di dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

  1. Manfaat untuk Mata

Kandungan di dalam daun kelor bisa membantu mempertajam penglihatan bagi penderita mata minus dan rabun senja. Selain itu, daun kelor juga bisa mencegah penyakit mata berkat tingginya kandungan vitamin A di dalamnya. Katarak, rabun dekat, dan rabun jauh bisa diatasi dengan daun kelor yang kaya kandungan retinol.

Caranya haluskan daun kelor dengan menggunakan blender. Tambahkan satu gelas air ke dalamnya. Biarkan larutan tersebut berada di dalam gelas dan jangan diaduk. Setelah beberapa menit, ampas dari daun kelor yang sudah dihaluskan akan mengendap di bagian bawah gelas. Air yang berada di bagian gelas bisa dipakai sebagai obat tetes mata.

  1. Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Daun kelor bermanfaat untuk ibu hamil. Daun kelor mengandung vitamin dan mineral, serta memiliki kandungan asam amino.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.