Ini Kebiasaan yang Bikin Kuku Rusak

0
93
ilustrasi

TNews, SEHAT – Kuku yang sehat bisa membuat Anda lebih percaya diri. Kuku yang tampak kotor dan kusam bisa merusak penampilan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kuku terlihat kusam dan kotor. Beberapa penyebab itu biasanya berasal dari aktivitas sehari-hari.

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan diketahui dapat membuat kuku jadi tampak kotor dan kusam. Tak hanya itu, kuku juga bisa berwarna pucat, kutikula yang sobek, hingga ujung kuku yang rapuh.

Berikut beberapa kebiasaan yang perlu dihindari jika ingin kuku tampak sehat.

  1. Cuci piring tanpa sarung tangan

Jika ingin kuku terlihat bagus, sebaiknya gunakan pelindung tangan berupa sarung tangan saat membersihkan rumah, terutama saat mencuci piring.

Sebagaimana dilansir dari Insider, deterjen bisa membuat tangan kering dan merusak kuku. Kuku juga membengkak di dalam air, yang dapat menyebabkan dasar kuku retak dan rusak.

  1. Menggigit kuku

Menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan permanen. Satu studi menemukan bahwa menggigit kuku secara kronis dapat menyebabkan pemendekan kuku secara permanen.

  1. Membiarkan kuku panjang

Membiarkannya panjang merupakan salah satu kebiasaan merusak kuku yang perlu dihindari.

Kuku panjang lebih rentan terhadap kerusakan dan mudah patah. Kuku panjang juga rentan kotor dan ternoda oleh zat sehari-hari seperti tinta atau sisa-sisa kotoran.

  1. Memakai cat kuku terlalu lama

Dikutip dari Today, menghapus cat kuku saat mulai terkelupas sangat dianjurkan. Hal yang sama berlaku untuk pedikur, yang harus dilepas setelah dua hingga tiga minggu. Berikan kuku Anda kesempatan untuk bernapas.

  1. Menggunakan kuku sebagai alat

Mengupas label, mengikis kotoran, atau membuka gantungan kunci menggunakan kuku juga perlu dihindari. Kebiasaan ini bisa membuat kuku jadi mudah patah.

  1. Tidak mencuci tangan dengan bersih

Dikutip dari The Healthy, mengabaikan kuku dalam proses mencuci tangan bisa membuat bakteri menumpuk di bawahnya. Cuci tangan dengan sikat kuku bersih setidaknya sekali sehari.

  1. Makan asal-asalan

Kuku mencerminkan makanan yang Anda makan. Jadi, jika Anda terbiasa memilih makanan yang buruk, jangan berharap kuku yang sempurna. Makan asal-asalan menjadi salah satu kebiasaan yang merusak kuku.

Makanan tinggi zat besi seperti telur, bayam, hingga daging merah dapat menguatkan kuku.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.