Ini Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan Anda

0
1510

TNews, KESEHATAN – Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari tanaman pepaya. Bukan hanya dari buahnya, bunga pepaya pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat bunga pepaya adalah untuk memelihara kesehatan jantung.

Manfaat bunga pepaya dapat diperoleh karena bunga ini mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain kalium, natrium, beta karoten, mineral, lemak, karbohidrat, dan protein.

Beragam Manfaat Bunga Pepaya

Meski masih terus diteliti, ada beragam manfaat bunga pepaya yang dipercaya dapat berguna bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Dalam bunga pepaya terkandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah kalium. Mineral ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta mendukung kerja otot, saraf, dan jantung.

Memelihara kesehatan jantung

Kandungan beta karoten yang terdapat pada bunga pepaya dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan beta karoten, seperti bunga pepaya, dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Memelihara kesehatan jaringan dan daya tahan tubuh

Bunga pepaya merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein. Kandungan protein yang terdapat pada bunga pepaya membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan, dan salah satunya adalah membangun serta memperbaiki jaringan tubuh. Tak hanya itu, protein dari bunga pepaya juga merupakan sumber energi bagi tubuh, serta dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain dapat diolah menjadi menu masakan, bunga pepaya juga dapat diolah menjadi teh. Cara mengolahnya cukup mudah, Anda hanya perlu membiarkan bunga pepaya layu dengan sendirinya, lalu panaskan dan keringkan dengan suhu rendah untuk menghilangkan kandungan bioaktif di dalamnya.

Bunga pepaya kering yang diseduh menjadi teh membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini berkat kandungan fitosterol yang terdapat pada teh bunga pepaya.

Manfaat bunga pepaya memang beragam, namun pastikan Anda juga mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi lainnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau ingin memanfaatkan bunga pepaya untuk mengobati suatu penyakit, sebaiknya konsultasikan pada dokter gizi terlebih dahulu.

 

Sumber : alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.