Rendah Kalori, Ini Makanan Siang untuk Diet yang Sehat

0
251

TNews, KULINER – Makan siang untuk diet tidak harus hambar dan tidak enak. Ada banyak makanan sehat yang rendah kalori tapi lezat dan cocok untuk dinikmati saat sedang berdiet.

Diet sehat yang perlu diikuti adalah pola makan sesuai dengan gizi seimbang. Pastikan dalam satu kali makan terdapat karbohidrat, protein, lemak dan juga serat. Dikutip dalam Healthline, total asupan kalori masih memainkan peran kunci dalam pengendalian berat badan dan kesehatan.

Jika kamu memasukkan lebih banyak kalori daripada yang kamu bakar, maka akan menyimpannya sebagai otot baru atau lemak tubuh. Jika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kamu setiap hari, kamu akan menurunkan berat badan.

Berikut ini makan siang sehat untuk diet lengkap dengan resepnya:

  1. Sayur asem

Sayur asem dibuat dengan cara direbus tanpa ditambahkan minyak. Dalam semangkuk sayur asem terdapat aneka sayuran seperti jagung, kacang panjang, labu siam hingga potongan nangka muda.

Sayur asem memiliki rasa yang gurih segar. Bisa dinikmati bersama nasi merah yang lebih tinggi serat dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Salad kentang tuna

Makan siang untuk diet juga bisa memilih salad sebagai pilihan. Salad klasik ini memiliki rasa yang gurih dan juga mengenyangkan karena dipadu dengan kentang dan ikan tuna.

Seporsi salad kentang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga serat.

  1. Sayur bening

Cukup dengan tiga bahan, sayur bening yang sehat dan nikmat ini dapat dijadikan sebagai menu diet. Ada jagung, wortel dan bayam berkuah bening yang cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Bumbu yang digunakan untuk membuat sayur bening ini sangat sederhana, hanya bawang merah, bawang putih dan temu kunci.

  1. Pepes ikan kakap

Pepes juga bisa jadi inspirasi menu makan siang untuk diet. Pepes diolah dengan tanpa menambahkan minyak namun bumbunya meresap hingga ke dalam daging ikan.

Pepes bisa jadi teman makan lauk dan sayur yang nikmat.

  1. Ikan gindara panggang

Ikan panggang yang lembut dan gurih bisa dipadu dengan salad. Sajian ini bisa dinikmati di jam makan siang untuk diet. Meskipun dikategorikan sebagai diet rendah lemak, akan tetapi rasanya tak kalah enak.

Salad mangga yang dijadikan untuk menemani ikan panggang dibuat dengan campuran daun ketumbar, bumbu dan juga daging mangga muda. Seporsi makanan untuk diet ini sudah mengandung protein dan serat dengan kalori yang rendah.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.