Suntik Vitamin C dan Vaksin Influenza Bisa Cegah Corona, Ini Penjelasannya

0
114
(ilustasi)

TNews, SEHAT – Vaksin Corona sampai saat ini masih belum bisa tersedia untuk masyarakat luas. Tetapi, untuk mencegah terinfeksi virus Corona, sebagian orang memilih untuk mendapatkan suntikan vaksin influenza, pneumonia, hingga vitamin C dan D.

Namun, apakah suntikan tersebut juga bisa menangkal seseorang terinfeksi virus Corona?

Menurut ketua Satgas imunisasi dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI, suntikan vitamin C dan D itu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. Antibodi naik, tetapi tidak kebal virus.

“(Suntikan) vitamin C dan D antibodi naik secara keseluruhan, tapi tidak kebal virus,” kata Prof Samsuridjal dalam dialog produktif di laman YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (30/12/2020).

“Sedangkan vaksin itu kalau disuntikkan, tubuh akan membentuk kekebalan antibodi terhadap virus yang ditujukan, jadi akan tinggi sekali antibodi terhadap virus tersebut,” lanjutnya.

Bagaimana dengan suntikan vaksin influenza dan pneumonia, apakah bisa menangkal COVID-19?

Prof Samsuridjal menjelaskan, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suntikan kedua vaksin tersebut dianjurkan di tengah pandemi Corona seperti saat ini. Selain untuk terhindar dari influenza dan pneumonia, risiko terkena COVID-19 juga lebih kecil.

“Kalau kita terhindar dari influenza dan pneumonia, risiko untuk terkena COVID-19 juga menjadi lebih sedikit,” jelasnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.