Tanya Nutrisionis: Benarkah Air Minum Dalam Kemasan Lebih Baik Dari pada Air Tanah?

0
53
Tanya Nutrisionis: Benarkah Air Minum Dalam Kemasan Lebih Baik Dari pada Air Tanah? ( foto: liputan6.com )

TNews, KESEHATAN – Rubrik tanya nutrisionis kali ini membahas tentang keunggulan dan kekurangan air minum dalam kemasan dibandingkan dengan air tanah. Mana yang lebih baik?

Menjawab pertanyaan ini, nutrisionis dari Amerika Serikat Anna Ng menjelaskan bahwa dua-duanya secara fungsi sama baiknya.

“Minum air merupakan cara utama untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik,” tuturnya dikutip dari laman Eatfresh.

Simak penjelasannya secara lebih lengkap berikut ini:

Apakah air minum dalam kemasan lebih aman?

Baik air minum dalam kemasan maupun air tanah aman diminum, selama dua-duanya sudah diolah dengan baik dan sehat.

Pastikan air tanah dimasak hingga mendidih sebelum diminum, untuk menghilangkan risiko adanya bakteri dan mikroba.

Apa keuntungan mengonsumsi air minum dalam kemasan?

Air minum dalam kemasan mudah diperoleh dan harganya murah. Air minum dalam kemasan juga disarankan bagi orang dengan sistem imun tubuh yang lemah (pengidap autoimun dan kondisi medis lainnya) yang membuat mereka rentan mengalami infeksi.

Apa keuntungan mengonsumsi air tanah?

Air tanah lebih mudah didapatkan, meski Anda harus memasaknya terlebih dahulu sebelum diminum. Air tanah juga membuat Anda tidak berkontribusi dalam memperbanyak sampah plastik di bumi.

Cara Aman Mengonsumsi Air Minum Dalam Kemasan

Situs resmi Badan POM memuat informasi tentang cara aman mengonsumsi air minum dalam kemasan. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Perhatikan informasi sumber mata air yang diambil

Ada beragam jenis air minum kemasan, mulai dari gelas, botol, hingga galon. Namun, yang paling banyak dikonsumsi adalah air mineral botolan. Air mineral yang berkualitas baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami.

2. Cek standarisasi yang diterapkan dalam proses produksi hingga distribusinya

Pastikan produk air minum kemasan yang Anda adalah produk air minum yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal oleh LPPOM MUI.

3. Perhatikan kondisi kemasannya

Pastikan AMDK yang hendak Anda konsumsi dalam kondisi baik, tidak bocor, masih tersegel dengan rapat dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

4. Perhatikan warna, rasa dan bau airnya

Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, tidak memiliki rasa. Hindari mengonsumsi air minum yang tampak keruh atau berbau tidak sedap karena kemungkinan besar air tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit.

5. Cek masa kadaluwarsanya

Tidak seperti air minum yang dimasak, air mineral kemasan memiliki masa kedaluwarsa. Sebelum membelinya, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Sumber: suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.