Cegah Peredaran Uang Palsu di Masyarakat, Wali Kota Marten Taha Ajak Masyarakat Tukarkan Uang di Gerai Resmi Milik BI

0
14
Gambar: Cegah peredaran uang palsu di masyarakat, Wali Kota Marten Taha ajak masyarakat tukarkan uang di gerai resmi milik BI.

TNews, GORONTALO – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menghimbau sekaligus mengajak masyarakat Kota Gorontalo untuk dapat menukarkan uang rupiah di gerai resmi, demi mencegah maraknya peredaran uang palsu.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali Kota Marten Taha saat menghadiri kegiatan layanan penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, senin (10/03/2023).

“Ini merupakan sebuah langkah kongkret dan upaya sinergitas yang coba dilakukan oleh Bank Indonesia dalam hal memberikan pelayanan penukaran uang kecil bagi masyarakat, sebab ini adalah momentum Ramadan, dan setiap kali di akhir bulan Ramadan selalu digunakan oleh masyarakat untuk mendapat uang dengan pecahan dalam jumlah kecil,” Ujar Marten.

Lebih lanjut Marten mengungkapkan, ada beberapa alasan yang mendasari masyarakat uang pecahan kecil, yang pertama ialah digunakan untuk pembayaran zakat fitrah dan yang kedua ialah tradisi dan sudah kebiasaan masyarakat di Gorontalo untuk menukarkan uang pecahan dalam jumlah kecil ketika menjelang Idul Fitri.

“Saya senantiasa terus menghimbau kepada masyarakat agar kiranya ketika hendak melakukan penukaran uang itu, harus di tempat-tempat resmi yang dimiliki oleh Bank Indonesia,” terang Marten.

“Hal itu semata-mata untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama seperti adanya tindakan penipuan, kemudian pungutan biaya dan lain sebagainya, sebab hal tersebut gratis,” Sambung Politisi Partai Golkar tersebut.

Di akhir kesempatannya Marten menyampaikan bahwa, penukaran uang di tempat-tempat yang dimiliki oleh Bank Indonesia juga bisa untuk meminimalisir maraknya peredaran uang palsu di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap agar kiranya masyarakat Kota Gorontalo bisa pergi dan menukarkan uangnya di tempat-tempat yang sudah di fasilitasi oleh Bank Indonesia yang bisa ditemui di beberapa titik, hal itu guna mencegah terjadinya peredaran uang palsu di tengah-tengah kita,” tutupnya.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.