Eceng Gondok Ancam Lingkungan dan Kehidupan Masyarakat di Kota Gorontalo

0
37
Gambar :Foto Ilustrasi Tanaman Eceng Gondok (Foto Google).

TNews, KOTA GORONTALO – Eceng gondok kembali menjadi ancaman bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat di Gorontalo. Tanaman air yang memiliki pertumbuhan yang cepat ini telah memenuhi permukaan sungai Bulango, kompleks jembatan Kelurahan Siendeng, Kecamatan Selatan, Kota Gorontalo.

Kondisi ini membuat warga yang bermukim di bantaran sungai tersebut was-was. Pasalnya, eceng gondok yang tumbuh subur di kawasan tersebut dapat menghambat aliran air. Hal ini tentu saja berpotensi menyebabkan banjir, terlebih saat musim hujan tiba.

Anggota DPRD Kota Gorontalo Heriyanto Thalib meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk segera turun tangan menangani eceng gondok tersebut. Heriyanto menjelaskan, saat musim hujan wilayah rawan terkena banjir adalah wilayah yang dekat dengan bantaran sungai.

“Tumbuhan eceng gondok yang tumbuh subur di kawasan tersebut bisa menghambat aliran air, sehingga berpotensi menyebabkan banjir,” kata Heriyanto, Jumat (29/12/2023).

Warga yang bermukim di bantaran sungai Bulango, Kecamatan Kota Selatan, juga telah menyampaikan keluhannya kepada DLH Kota Gorontalo. Mereka berharap DLH segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah eceng gondok tersebut.

“Kami khawatir kalau tidak segera ditangani, tanaman eceng gondok ini akan semakin banyak dan bisa menyebabkan banjir,” kata salah seorang warga, bernama Ali.

Heriyanto menambahkan jika DLH tidak segera menangani permasalahan ini, imbasnya akan mengenai warga sekitar.*

Reporter : Jihan Mokoginta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.