Ikuti Pembukaan MPLS se-Kota Gorontalo, Ini Pesan Wali Kota Marten Taha

0
20
Gambar : Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, saat menjadi Inspektur Upacara pada Pembukaan MPLS di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Senin, (17/07/2023). (Foto : Humas Istimewa).

TNews, KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) yang dilangsungkan di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Senin, (17/07/2023).

Dalam kesempatannya saat diwawancarai oleh awak media, Wali Kota Marten Taha mengatakan bahwa, kegiatan MPLS merupakan satu rangkaian kegiatan dalam rangka untuk memperkenalkan anak-anak siswa yang akan memasuki masa pendidikan pada jenjang yang baru baik itu tingkatan SD, SMP, ataupun SMA.

“Tujuan daripada MPLS ini adalah untuk mengenali potensi diri dari masing-masing peserta didik, kemudian memperkenalkan lingkungan baru yang mereka temui mulai dari seragam yang dikenakan sudah berbeda, sistematika pengajaran juga berbeda dan aturan yang diterapkan di sekolah pula juga di sekolah atau di lingkungan yang baru juga sudah berbeda,” ucap Wali Kota Marten Taha.

“Kegiatan MPLS ini menjadi sangat penting untuk diikuti sebab dalam rangka untuk menciptakan suasana sekolah yang betul-betul mampu memberikan semangat baru bagi anak-anak didik kita, sehinga ketika mereka masuk awal sekolah itu tidak hanya sekedar hanya masuk saja namun nantinya akan diperkenalkan lingkungan sekolahnya seperti apa, guru-gurunya bagaimana sambil guru-guru juga mengetahui sifat dan karakteristik maupun potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik,” sambung Marten.

Lebih lanjut Wali Kota Marten Taha, kembali menambahkan bahwa, MPLS ini sebagai sarana untuk pembinaan, baik mental maupun fisik bagi para peserta didik baru.

“Karena ketika mereka masih berada di SD itu berbeda ketika mereka sudah duduk di bangku SMP maka secara mental akan ada perbedaan yang mendasar antar satuan jenjang pendidikan yaitu SD dan SMP, kemudian juga ketahananan fisik yang harus mulai dibiasakan oleh mereka para peserta didik karna ketika masuk di satuan pendidikan menengah, maka akan terjadi perubahan terkait dengan lamanya waktu proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar),” tutur Marten.

Dalam kesempatan terakhirnya saat diwawancarai, Wali Kota Marten Taha mengharapkan dengan adanya MPLS ini dapat tercipta hubungan yang harmonis antara warga sekolah dan ia pun berharap semoga tidak akan ada praktek penggodokan ataupun semacam perpeloncoan saat berlangsungnya kegiatan MPLS.

“Saya berharap hubungan yang harmonis dapat dibangun dan bisa terjalin di lingkungan sekolah di antar sesama warga sekolah, semoga nantinya sesama warga sekolah bisa saling menghargai dan menghormati agar terciptanya suasana yang harmonis dan nyaman bagi seluruh warga sekolah,” ucap Marten.

“Dan kemudian Saya pun berharap agar nanti saat berlangsungnya kegiatan MPLS ini bisa terhindar dari yang namanya praktek penggodokan ataupun perpeloncoan yang dapat mengakibatkan terjadinya tindakan balas dendam secara turun temurun. Olehnya semoga MPLS yang dilakukan di seluruh sekolah yang ada di wilayah Kota Gorontalo dapat  berjalan dengan lancar dan sukses tanpa menghadapi kendala apapun,” tandas Marten Taha.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.