Tumbilatohe di Pilohayanga Berbentuk Menara Limboto dan Ka’bah

0
181
Tumbilatohe di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo menampilkan sebuah Replika Menara Limboto dan Bangunan Ka'bah. (Foto: Gopos)

TNews, GOROTALO – Tumbilatohe di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo menampilkan hal menarik yakni sebuah Replika Menara Limboto dan Bangunan Ka’bah.

Pantauan Gopos.id tempat tersebut berada di Jalan Gorontalo Outher Ring Road (GORR) Desa Pilohayanga. Dilokasi pengunjung dapat melihat penampakan Replika Menara Limboto yang sekitar kurang lebih 10 meter serta penampakan bangunan Ka’bah.

Ditempat tersebut juga pengunjung dapat berswa foto baik di replikasi menara hingga bangunan ka’bah. Tak hanya itu saja beberapa hiasan lampu warna-warni yang terbuat dari botol air mineral bekas juga ikut menghiasai tempat tersebut yang tentunya bisa digunakan pula untuk berswa foto.

Dari pukul 22:00 WITA hingga 23:30 WITA antusiasme pengunjung ditempat tersebut sangat banyak.

Wakil Ketua Takmirul Bidang Pembangunan Masjid Ar-Rahman, Jamal Ismail mengungkapkan ide pembuatan tumbilatohe ini ialah berdasarkan usul dari teman-teman takmirul dan pemuda setempat.

“Jadi kami saling berkolaborasi, hanya dalam waktu 10 hari serta anggaran hasil patungan masyarakat sehingga kita mampu menciptakan ini,” ungkap diwawancarai, Kamis malam (28/4/2022).

Lanjutnya, pihaknya sengaja melakukan kegiatan ini karena memang di beberapa tahun sebelumnya belum sempat melaksanakan kegiatan serupa dikarenakan adanya Pandemi Covid-19.

“Dan tahun ini coba kita awali dengan hal ini dan kita coba buka,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, terkait pembangunan replika Menara Limboto dan bangunan ka’bah ini dirinya mengatakan, hal ini ialah murni terinspirasi dari menara Limboto dan adat budaya di Gorontalo.

“Alhamdulillah atensi masyarakat sangat luar biasa dan saya bersyukur atas antusiasme warga,” tandasnya.

Ditempat yang sama, salah seorang pengunjung yakni Firman Dai asal Desa Hulawa Kecamatan Telaga mengatakan dirinya sangat senang dengan ada perayaan tumbilatohe di tahun ini.

“Ini sangat menarik mengingat ditahun sebelumnya saya belum merasakan hal tersebut karena adanya Covid-19,” katanya.

“Senang dan bahagia bisa menikmati kembali malam pasang lampu tentunya,” imbuhnya.

 

Sumber : gopos.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.