Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, Dorong Penguatan Dukcapil dan Digitalisasi Pelayanan Publik untuk Suksesnya Pemilu 2024

0
27
Gambar : Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo Tahun 2023 yang diselenggarakan bertempat, di Grand Q Hotel, Rabu, (6/12/2023). (Foto : Gean Bagit).

TNews, KOTA GORONTALO – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menghadiri dan membuka langsung Rapat Koordinasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo Tahun 2023 dengan tema “Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan bertempat, di Grand Q Hotel, Rabu, (6/12/2023).

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Ryan Kono menyampaikan bahwa, layanan publik yang cepat, mudah, efektif, dan efisien menjadi suatu kenyamanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

“Peningkatan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat sejalan dengan tuntutan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib, dan tidak diskriminatif dalam pencapaian standar pelayanan minimal menuju pelayanan prima yang menyeluruh,” ucap Ryan Kono.

Lebih lanjut Ryan kembali menuturkan bahwa, administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan yang hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

“Di sisi lain pula bahwa resmi yang dokumen adalah dokumen kependudukan diterbitkan oleh instansi pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil,” ujar Ryan.

“Ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, selain mensukseskan pemilu 2024 pemerintah juga berusaha mendigitalisasi dukcapil dengan penggunaan teknologi informasi di semua bidang,” sambung Ryan.

Di akhir sambutannya Wawali Ryan Kono kembali menambahkan bahwa, untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, transparan dan gratis perlu dihilangkan paradigma lama “kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah” karena urusan administrasi kependudukan bukan pelayanan dasar tetapi menjadi dasar dalam semua pelayanan.

“Untuk itu Saya mengharapkan kependudukan dan pencatatan sipil, para camat dan lurah, kependudukan. Agar dapat mengimplementasikan aturan-aturan dan prosedur hukum yang telah ditetapkan sebagai komitmen dalam pelaksanaan tugas dan menanamkan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya administrasi,” pungkas Ryan.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.