5 Makanan Penyumbang Lemak Perut Paling Banyak

0
89
ilustrasi

TNews, KULINER – Lemak perut sangat sulit untuk dihilangkan. Karenanya hindari beberapa makanan ini karena dapat menyebabkan lemak perut menumpuk hingga berat badan pun jadi naik.

Menjaga pola makan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku diet. Namun, seringkali orang merasa kesulitan untuk membedakan makanan yang berpotensi menaikkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Obesity Review menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kalori berlebih dan makanan olahan cenderung memiliki lemak perut berlebih.

Ada beberapa makanan yang selama ini dianggap sehat tetapi justru jadi penyumbang lemak perut. Bukan hanya itu, tetapi juga jadi penghambat saat menurunkan berat badan.

Berikut 5 makanan penyumbang lemak perut paling banyak:

  1. Keju

Keju selalu cocok jadi pelengkap makanan dan minuman. Mulai dari pizza, burger, lasagna, sandwich dan lainnya. Namun, terlalu banyak mengonsumsi keju bisa menyebabkan penambahan berat badan,

Seperti yang disebut oleh oleh ahli gizi Trista Best. Menurutnya, sebagian besar jenis keju berkalori tinggi dan lemaknya juga tinggi. Akibatnya lemak di perut akan menumpuk.

“Makanan ini bisa secara diam-diam menyebabkan lemak perut, apalagi kalau makannya terlalu banyak,” ujar Trista.

  1. Makanan Olahan

Makanan olahan yang ada di supermarket mungkin bisa jadi solusi menu makan yang praktis. Namun, dampaknya bisa berisiko pada kenaikan berat badan karena bisa membuat lemak perut menumpuk.

Misalnya seperti daging olahan yang mungkin jadi makanan yang cocok untuk mengurangi karbohidrat tapi tetap mendapatkan jumlah protein yang cukup untuk bisa merasa kenyang.

“Sayangnya tidak semua daging olahan dibuat sama dengan kualitas dan nutrisi yang sama. Banyak daging olahan yang diproses dengan tinggi sodium dan lemak jenuh,” tutur ahli gizi.

  1. Saus Salad

Makan salad pasti dipadukan dengan dressing atau saus. Ada banyak jenis saus salad, mulai dari caesar, vinaigrette, wijen, soyu dan masih banyak lagi.

Tambahan saus itu mungkin bisa memberikan cita rasa pada saladnya. Namun, tidak semua jenis saus salad sehat. Bahkan banyak yang mengandung kalori dan lemak tanpa disadari.

“Dan itu bisa menyebabkan penambahan berat badan dan penghambat penurunan berat badan. Saat memilih saus salad, pilihlah cuka atau air jeruk lemon yang bebas lemak,” ujarnya.

  1. Meal Bar

Selama ini meal bar dipasarkan sebagai makanan sehat. Namun, faktanya makanan ini justru bisa menambah lemak perut yang berujung pada kenaikan berat badan.

“Meal bar ini bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet penurunan berat badan, tetapi ketika kita tidak memberikan bobot pada kualitas nutrisi, itu malah bisa menaikkan berat badan,” ujar Trista.

Biasanya meal bar tersebut seringkali tinggi kalori, lemak, natrium, gula tambahan dan karbohidrat olahan.

  1. Es Krim

Es krim juga merupakan makanan yang dapat berkontribusi pada akumulasi lemak perut. Itu karena es krim mengandung gula dan lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi.

Ahli gizi menyarankan jika ingin melangsingkan tubuh bagian perut, sebaiknya hindari makanan ini dan memilih untuk mengonsumsi makanan utuh dan tidak diproses, seperti buah, sayur dan biji-bijian.

“Kalau kamu ingin sesuatu yang manis atau asin, cobalah untuk makan dalam porsi yang sedikit,” saran ahli gizi.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.