5 Manfaat Minum Cokelat Panas, Salah Satunya Jaga Imunitas

0
319
ilustrasi

TNews, KULINER – Saat memasuki musim hujan, minuman hangat jadi pilihan untuk menghalau dingin. Ternyata menikmati cokelat panas juga bisa memberikan lima manfaat sehat seperti berikut.

Minuman cokelat yang manis dan pekat rasanya memang cocok untuk menenangkan diri. Terlebih dinikmati sebagai cokelat panas di musim dingin, rasanya makin sempurna.

Tetapi selama ini popularitas cokelat panas hanya dikenal sebagai minuman hangat yang manis. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya cokelat hangat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan sejarah suku Maya di Amerika Tengah, pada abad ke-16 cokelat sudah diperkenalkan di Eropa dan Spanyol sebagai salah satu ‘obat’ alami yang bisa menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Menikmati cokelat panas yang murni dan pekat tanpa tambahan pemanis atau bahan lainnya menjadi cara terbaik untuk menikmati cokelat.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Setiap bulannya perempuan akan kedatangan ‘tamu bulanan’ atau menstruasi. Biasanya sebelum menstruasi ada gejala-gejala yang dirasakan seperti kram perut, tubuh linu dan kaku, hingga berbagai gejala lainnya.

Ternyata konsumsi dark cokelat dalam bentuk cokelat hangat ampuh untuk meredakan nyeri. Kandungan di dalamnya meredakan dan menenangkan otot tubuh terutama otot perut saat menjelang menstruasi.

Pada saat mengalami kram, tubuh membutuhkan kandungan magnesium untuk mengatasi tegangan otot yang ada pada area perut, paha hingga pinggul. Cokelat panas memiliki kandungan magnesium yang sangat cukup untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Obesitas

Banyak yang berpikir bahwa cokelat bakal sebabkan kenaikan berat badan. Faktanya jika kamu mengonsumsi dark cokelat yang tepat tanpa pemanis, kamu akan terbantu untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Kakao mengandung fitonutrien yang secara alami sangat sehat manfaatnya untuk tubuh. Selain itu kakao yang murni juga mengandung kadar lemak dan gula yang rendah.

Kadar lemak dan gula yang rendah ini menjadi sangat baik fungsinya untuk meningkatkan energi dan membuat perut terasa cepat kenyang. Di sisi lain, kakao juga tidak memberikan kalori yang berlebihan karena kandungan lemak dan gula yang rendah.

  1. Membantu Penderita Asma

Penyakit asma cukup berbahaya dan mengancam kehidupan penderitanya. Sesak nafas yang dipicu dengan berbagai hal sangat mengancam kesehatan.

Pada kakao, secara alami mengandung dua komponen spesial yang mampu mengatasi pemicu alergi pada penderita asma. Disebut sebagai teobromin dan theophylline, keduanya dianggap sebagai antiasthmatic.

Teobromin dapat membantu mempermudah udara memasuki saluran pernapasan ke paru-paru dan menurunkan risiko kanker paru-paru karena mengatasi risiko alergi. Sedangkan untuk theophylline sangat membantu untuk relaksasi saluran pernapasan serta memiliki fungsi antiinflamasi yang berkualitas baik.

  1. Meningkatkan Fungsi Imunitas

Saat peralihan ke musim dingin biasanya tubuh lebih mudah sakit karena imunitas masih membutuhkan adaptasi. Udara yang lembab dan basah juga seringkali membuat banyak orang lebih mudah jatuh sakit.

Konsumsi cokelat hangat saat musim dingin atau musim penghujan ini selain menghangatkan tubuh juga bisa menjaga kekuatan imunitas agar tak mudah sakit. Kakao memiliki kandungan antioksidan yang mampu memperbaiki kualitas sirkulasi darah.

Kakao juga mengandung flavonoid yang menjadi alasan utama manfaat cokelat panas untuk menguatkan imunitas tubuh menjadi lebih baik. Komponen ini juga mampu menjaga kestabilan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah hingga mengurangi inflamasi dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Kulit

Tak hanya menjaga imunitas dan mengatasi nyeri pada tubuh, komponen aktif pada kakao yang digunakan sebagai bahan utama cokelat hangat juga bisa membantu menjaga kesehatan gusi dengan mencegah perkembangan kavitis dan pengeroposan gigi. Melalui komponen polifenolnya, akan ada asma yang diproduksi kakao untuk menjaga enamel gigi.

Selain itu ada mitos keliru yang juga banyak dipercaya. Cokelat seringkali dikatakan sebagai penyebab timbulnya jerawat pada wajah, faktanya manfaat cokelat justru memberikan efek yang sebaliknya.

Cokelat mampu memberikan kesehatan pada kulit dengan cara melindungi dari paparan sinar matahari hingga menjaga hidrasi dan kelembaban kulit. Minum cokelat panas tanpa pemanis menjadi cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan gigi dan kulit di musim hujan dan cuaca dingin.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.