Bosan Makan Ketupat, Ini Resep Bakso Sapi yang Enak

0
340

TNews, KULINER – Resep bakso sapi ini bisa jadi panduan kalau kamu mau buat. Paduan bola daging dengan kuah kaldu segar dijamin bisa membangkitkan selera makan usai melahap sajian santan kemarin.

Resep bakso sapi banyak dicari orang-orang yang bosan makan ketupat dan sajian bersantan khas lebaran. Alternatifnya, hidangan berkuah segar selalu dicari. Salah satunya bakso yang merupakan ‘comfort food’ banyak orang.

Kalau penjual bakso langganan kamu belum buka, resep bakso sapi ini bisa dicontek untuk berkreasi di rumah. Bahannya mudah didapat dan hasilnya dijamin lebih bersih daripada beli di luar.

Berikut resep bakso sapi dan tips membuatnya:

  1. Pilih daging dan siapkan bumbunya
    Resep bakso sapi enak ada pada pemakaian 100% daging sapi, meski bisa juga kamu mencampurnya dengan daging ayam tergantung selera. Pilih daging sapi bagian paha atas yang tidak ada lemak dan ototnya. Siapkan 1 kg daging sapi, potong kecil-kecil.

Siapkan juga bumbu bakso. Ada 2 sdm bawang putih goreng, 1 sdm bawang putih goreng, 1 sdm kaldu ayam bubuk, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt baking powder dan 2 sdt garam.

Untuk bahan pengenyalnya, pakai 100 gram tepung tapioka dan 250 gram es batu yang dimemarkan kasar atau es batu bentuk ‘cube’.

  1. Haluskan daging dan bumbu bakso
    Gunakan food processor, haluskan bawang merah dan bawang putih goreng sampai sedikit bergumpal. Masukkan potongan daging sapi, tepung tapioka, bumbu lain, dan es batu.

Proses seluruh bahan sampai tercampur rata menggunakan kecepatan sedang. Pastikan es juga meleleh dan daging menjadi adonan yang kental sehingga bisa dibentuk.

  1. Bentuk-bentuk dan rebus bakso
    Resep bakso sapi selanjutnya adalah membentuk adonan bakso menjadi bulatan utuh. Pertama, siapkan air dalam panci dan panaskan sampai hangat-hangat kuku.

Dengan tangan dan sendok makan, bentuk adonan daging jadi bola-bola. Gunakan ibu jari dan telunjuk juga untuk menyempurnakan bentuknya. Masukkan bola-bola daging ini ke dalam air hangat. Biarkan terendam.

Setelah selesai membulatkan adonan, rebus bakso hingga mengapung dan matang seluruhnya. Angkat dan tiriskan bakso.

Pindahkan ke dalam baskom berisi air es. Biarkan dingin lalu tiriskan. Bakso sapi pun siap diolah dengan kuah kaldu atau jadi bahan masakan lainnya. Supaya awet, bakso sapi buatan kamu bisa disimpan dalam freezer dalam kantong plastik.

  1. Resep kuah bakso
    Kuah bakso yang enak adalah yang gurih alami. Gunakan daging sapi dengan lapisan lemak seperti sandung lamur sebagai bahan pembuatan kuah bakso. Tambahkan tetelan daging sapi jika suka agar lebih gurih.

Rebus daging dan tetelan sampai mendidih. Buang air perebus dan kotorannya. Kemudian rebus lagi daging dan lemak dengan air secukupnya sampai daging empuk. Pastikan memakai api kecil supaya tidak keruh.

Untuk bumbu kuah bakso memakai tumisan bawang putih cincang, merica butiran, dan daun bawang. Bisa juga ditambahkan kaldu ayam. Rebus sampai kaldu susut seperempat bagian, lalu angkat.

Kalau sudah agak dingin, saring kaldu daging. Warnanya akan sedikit keruh dan kecokelatan. Terakhir, tambahkan garam saat kuah bakso direbus bersamaan bakso daging.

  1. Resep bakso udang dan ayam
    Selain sapi, bakso juga enak dibuat dengan daging udang atau ayam. Daging udang rasanya gurih sedikit manis. Tambahan sayuran seperti sawi manis, jamur shitake, dan wortel membuat rasanya lebih enak.

Resep bakso udang bisa dilihat di sini. Cara membuatnya mudah dengan bumbu-bumbu yang juga gampang didapat.

Resep lainnya adalah resep bakso ayam yang lebih renyah dengan tambahan serutan lobak. Bakso ini juga enak dipadukan dengan daging sapi pada adonannya. Nikmati selagi hangat agar lebih nikmat. Ini resep bakso ayam.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.