Durian hingga Kopi, Ini Makanan yang Dilarang di Berbagai Negara

0
174

TNews, KULINER – Setiap negara punya peraturannya masing-masing, termasuk larangan peredaran makanan ini. Berikut 9 makanan yang dilarang di berbagai negara.

Setiap wilayah negara pasti memiliki kebijakan dan peraturannya sendiri. Peraturan tersebut mengatur hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan yang dilarang pada sebuah wilayah.

Makanan juga tak terlepas dari pengaruh peraturan dan kebijakan ini. Beberapa makanan bahkan sangat kontroversial di beberapa negara.

Peraturan terkait makanan ada kaitannya dengan bahan yang digunakan, tekstur, rasa atau bahkan karena makanan tersebut masih dianggap tidak biasa di salah satu negara.

Peraturan terkait pelarangan sebuah makanan juga bisa saja didasari oleh cerita antara makanan tersebut dengan kepercayaan setempat.

Berikut ini 10 makanan yang dilarang di berbagai negara, menurut MSN Lifestyle (4/1):

  1. Kacang Almond Mentah

Di Amerika, kacang almond mentah yang dijual di pasaran tidak sepenuhnya mentah. Sebelumnya, kacang almond akan dipasteurisasi terlebih dahulu.

Kacang almond mentah sangat dilarang peredarannya di Amerika. Kacang almond mentah yang dijual akan dianggap sebagai barang ilegal karena dinilai dapat membawa risiko salmonella yang membahayakan kesehatan pencernaan.

  1. Permen Karet

Pemerintah Singapura sangat mementingkan kebersihan wilayahnya. Hal ini kemudian memunculkan pelarangan konsumsi permen karet pada tahun 1992.

Sampah permen karet dinilai akan merusak lingkungan dan mengotori jalanan. Akhirnya pada 2004 peraturan ini dicabut dengan alasan permen karet yang berfungsi sebagai terapeutik.

  1. Durian

Durian mungkin menjadi buah yang paling digemari di Asia Tenggara. Tetapi di Australia dan Singapura, durian dibatasi peredarannya.

Di sebuah universitas di Australia, durian pernah menyebabkan kekacauan saat aroma durian dideteksi sebagai bau kebocoran gas. Sedangkan di Singapura, durian dilarang untuk dibawa ke tempat-tempat umum.

  1. Kebab

Dalam budaya makanan Italia, pemerintah Verona memberlakukan kebijakan kontroversial bahwa makanan yang dijual di kota yang terdaftar di UNESCO itu harus berasal asli dari Italia. Kebijakan tersebut berarti pembukaan toko kebab dan makanan cepat saji serupa lainnya dilarang.

Kota-kota Italia lainnya, termasuk Venesia, sejak itu memperkenalkan aturan serupa juga. Maka, penjualan kebab di toko-toko yang berada di perkotaan di negara Italia mulai dilarang sejak saat itu.

  1. Saus Tomat

Saus tomat telah menjadi kontroversi selama bertahun-tahun. Prancis pernah melarangnya sebagai makanan yang dikonsumsi di sekolah dasar.

Kemudian diikuti dengan beberapa restoran di seluruh Prancis yang melarang keberadaan saus tomat di restoran mereka. Ternyata, Israel juga punya kebijakan yang sama karena mereka menemukan tidak ada komposisi tomat pada salah satu merek saus tomat.

  1. Susu Segar

Susu segar yang baru diperah dari sapi ternyata dilarang di beberapa wilayah di benua Eropa. Bahkan di Amerika, susu mentah yang belum dipasteurisasi ini dilarang di lebih dari 20 negara bagian Amerika.

Kanada menjadi salah satu negara yang melarang peredaran susu yang belum dipasteurisasi atau masih mentah. Produk susu yang masih mentah dianggap berbahaya karena dapat menyebarkan bakteri listeria, salmonella, E.colli dan campylobacter.

  1. Alpukat

Alpukat seringkali ditemukan dalam berbagai hidangan setiap hari. Alpukat menjadi makanan yang mudah untuk diolah dan dipadukan dengan bahan makanan lain.

Tetapi, sebuah restoran di Inggris justru mengatakan tidak akan pernah menyajikan alpukat. London Firedog adalah sebuah restoran dengan seorang kepala koki yang mengaku terlalu bosan melihat alpukat di menu sarapan.

  1. Kinder Joy

Camilan coklat yang digemari anak-anak ini ternyata dilarang di Amerika. Bukan tentang bahannya, tetapi cara mengemasnya.

FDA Amerika mengatakan bahwa benda yang tidak bisa dimakan jika disatukan dengan makanan akan berbahaya. Maka, Kinder Joy yang mengemas mainan dan coklat dalam satu wadah dikatakan berbahaya.

  1. Kopi

Minuman yang digemari hampir seluruh orang di dunia ini ternyata mendapat pelarangan juga. Pada tahun 1675 ternyata kopi pernah dilarang untuk disajikan di gereja Katolik di Eropa.

Hal mengejutkan lainnya adalah di waktu yang bersamaan, raja Inggris Charles II bahkan melarang kedai kopi untuk beroperasi. Ia takut dengan dibukanya kedai kopi akan menjadi tempat pertemuan para aktivis dan mereka bisa menyeduh berbagai bahan yang tidak diizinkan kerajaan.

  1. Mangga

Makanan yang dilarang di berbagai negara selanjutnya adalah mangga. Rasanya yang manis, asam dan segar ini bisa diolah menjadi banyak hidangan.

Alphonso ternyata melarang mangga untuk berada di European Union pada tahun 2014. Mangga dianggap sebagai buah yang dapat mengundang serangga yang akan mengganggu.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.