Keunikan Ayam Gagape yang Jadi Menu Lebaran

0
268

TNews, KULINER – Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan lebaran yang khas. Seperti di Makassar, ada ayam gagape yang memiliki keunikan dalam penyajiannya.

Bagi masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan belum lengkap rasanya merayakan lebaran Idul Fitri tanpa hidangan ayam gagape. Menu lebaran khas Makassar ini disebut-sebut mirip seperti opor ayam.

Namun, dalam penyajian dan rasa yang ditawarkan antara ayam gagape dan opor ayam memiliki perbedaan. Perbedaan pada ayam gagape bahkan menjadi ciri khas tersendiri.

Cara membuat ayam gagape terbilang mudah. Sebelum membuatnya kenali dulu fakta-fakta tentang ayam gagape yang tak pernah absen jadi menu lebaran di Makassar. Berikut 5 faktanya.

Ayam gagape, menu hidangan lebaran khas Makassar ini terlihat mirip seperti opor ayam yang juga identik jadi menu lebaran. Itu karena ayam gagape sama-sama diolah dengan campuran santan.

Ayam gapape diolah dari daging ayam jantan, sehingga teksturnya kenyal saat dimakan. Selain itu, yang membuatnya sama seperti opor ayam, ada pada pemberian bumbunya.

Ayam gagape juga menggunakan rempah-rempah yang biasa dipakai pada opor ayam, seperti kunyit, jintan, lengkuas, ketumbar bubuk. Meskipun begitu, soal rasa antara keduanya jauh berbeda. Ayam gagape juga memiliki ciri khas tersendiri.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.