Kue Tradisional Ini Ternyata Diperkenalkan Bangsa Postugis, Populer Saat Lebaran

0
764

TNews, KULINER – Kue tradisional sering disajikan saat lebaran, salah satunya semprong. Berasal dari Jawa Barat, kue ini banyak dicari untuk memenuhi toples sajian tamu.

Tak hanya kue kering modern saja yang menghiasi setiap toples di rumah saat lebaran. Kue kering tradisional pun tak kehilangan pamornya. Ada kue semprong khas Jawa Barat yang biasanya digunakan untuk jamuan para tamu saat lebaran tiba.

Kue kering yang bahan dasarnya dari adonan tepung beras ini rasanya manis, teksturnya renyah, dan punya aroma bakar yang khas. Cara membuatnya cukup unik karena menggunakan alat penjepit dari besi. Biasanya dibentuk menjadi gulungan yang panjang atau dilipat membentuk persegi panjang dan segitiga.

Kue semprong ternyata punya kembaran di Malaysia. Di sana kue semprong disebut dengan kuih kampit atau love letter. Di Indonesia ada juga kue kering yang serupa dengan semprong, yaitu ledre khas Bojonegoro, Jawa Timur. Namun siapa menyangka kalau konon kabarnya kue ini diperkenalkan oleh bangsa Portugis.

 

Sumber : Detik.com

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.