Bumil Mendadak Pelupa? Ini Alasannya

0
103

TNews, LIFESTLE – Saat hamil, ibu akan mengalami berbagai perubahan, baik dari segi fisik maupun suasana hati. Bahkan, tak jarang perubahan tersebut berpengaruh pada ingatan. Ibu mendadak jadi pelupa dan mudah linglung. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah momnesia atau pregnancy brain.

Pregnancy brain merupakan kondisi yang wajar dialami oleh ibu hamil. Sebanyak 25 persen pasien di Northwestern Memorial Hospital, Chicago mengalami gejala tersebut saat hamil dan pasca melahirkan.

Hal itu senada dengan penelitian yang dilakukan oleh Deakin University. Hasil studi mereka menunjukkan bahwa fungsi kognitif, memori, dan fungsi eksekutif pada ibu hamil menurun secara signifikan. Volume sel otak ibu juga akan menurun.

Kondisi yang disebabkan oleh perubahan hormon tersebut biasanya terjadi pada trimester ketiga. Selain perubahan hormon, pregnancy brain juga disebabkan oleh menurunnya kualitas tidur pada ibu hamil. Hal itu karena kualitas tidur dapat memengaruhi kemampuan otak untuk fokus.

Jadi, ibu hamil mendadak jadi pelupa merupakan hal yang wajar. Kondisi tersebut akan kembali normal beberapa bulan setelah melahirkan.

Sumber : kumparanMOM.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.