Ini Manfaat Shalawat Pada Hari Jum’at

0
1723

TNews, ROHANI – Sebagai hari yang penuh berkah, tentu saja umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amalan pada Jumat. Salah satu amalan tersebut adalah memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Shalawat yang biasa kita ucapkan dan lafadzkan adalah pengakuan cinta, pengikraran kasih kepada Nabi Muhammad SAW. Shalawat bukan hanya sekedar bacaan biasa saja, namun sebenarnya sangat luar biasa bagi yang mengetahui apa tujuan dan nilai di dalamnya,” ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Rasulullah SAW memang menganjurkan kepada umatnya supaya memperbanyak membaca shalawat pada Jumat. Sebab shalawat itu akan menjadi syafaat di akhirat, sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro).

Kemudian, sabda Rasulullah SAW lainnya yang menerangkan hal serupa. Di mana Allah akan menjawabnya sebanyak 10 kali setiap yang membaca salawat. Yaitu:

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

“Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali”.

Ainul menjelaskan bahwa Jumat adalah hari yang penuh keberkahan, hari yang dijadikan Sayiddul ayam atau rajanya hari hari. Allah memberikan banyak fadhilah/keutamaan, keistimewaan waktu-waktu di dalamnya.

“Nabi juga mengajak umatnya membaca shalawat. Bertujuan untuk mengajak hamba dan umatnya agar menjadi umat yang dibanggakan,” pungkas Ainul. Jadi, mari kita amalkan shalawat pada setiap Jumat.

 

Sumber : Okezone.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.