Mobil Presiden Jokowi Terobos Banjir di Kalimantan

0
79

TNews, NASIONAL – Mobil SUV Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerobos banjir saat melintas di wilayah Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Apakah aman?

Kejadian rombongan mobil kepresidenan menerobos banjir itu berlangsung saat Jokowi mengunjungi lokasi terdampak banjir. Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, peristiwa itu terjadi saat rombongan mobil kepresidenan melaju dari bandara menuju Jembatan Pekauman. Di lokasi tersebut, Jokowi meninjau Sungai Martapura.

Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menambahkan mobil yang ditumpangi Jokowi tidak terendam. Dia menyebut, setelah mobil Jokowi melewati banjir, tidak ada masalah dan semua terkendali.

“Kebetulan mobil yang digunakan tinggi-tinggi, Commuter aja bisa lewat,” ujar Bey.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan memang beberapa mobil bisa menerobos banjir, meski mobil tidak dirancang untuk berjalan di air.

“Ada beberapa spesifikasi mobil yang saat menerobos banjir masih aman, seperti: secara fisik dia tinggi, beberapa komponen dan materialnya heavy duty, memiliki bobot yang berat sehingga tidak mudah terbawa arus juga bannya sesuai dengan medannya, misalnya: ban AT (all terrain),” jelas Sony kepada detikOto, Selasa (19/1/2021).

Namun, Sony mewanti-wanti tidak semua banjir diterobos. “Hanya kondisi terpaksa dan setelahnya harus di check di bengkel terkait,” sebutnya.

Sementara itu, Sony juga menyoroti keahlian Paspampres yang mengemudikan mobil Jokowi. Menurutnya, Paspampres tersebut sudah terlatih secara berkala.

“Kalau mereka bilang terabas, berarti sudah dengan pertimbangan yang matang. Kita tahu Paspampres adalah prajurit pilihan/terbaik. Dan saya tahu banget, karena saya salah satu instruktur yang pernah ditunjuk untuk melatih mereka,” ucapnya.

“Arah dan tujuannya jelas sudah dipetakan, plan A, B dan C-nya. Terutama pertimbangan kendaraan tersebut bisa aman menerabas rintangan-rintangan yang ada,” tambahnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.