Nakes di Daerah Ini Banyak Belum Divaksin

0
25
ilustrasi vaksinasi (foto google)

TNews, NASIONAL – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti persentase tenaga kesehatan yang tidak divaksinasi atau zero dose. WHO menilai vaksinasi merupakan cara untuk menurunkan angka kematian.

Persentase nakes yang belum divaksin ini tertuang dalam Situation Report-64 yang dirilis pada Rabu (26/8/2021). Situation report ini rutin dirilis setiap pekan oleh WHO. Ini merupakan laporan per 25 Agustus 2021.

Ada dua provinsi yang menempati posisi tertinggi jumlah nakes yang zero dose. Dua provinsi tersebut adalah Papua dan Maluku.

“Per 23 Agustus, provinsi dengan persentase tertinggi tenaga kesehatan yang tidak divaksinasi (zero dose) adalah Papua (18,6%) dan Maluku (13%),” tulis WHO dalam laporannya.

Selain itu, WHO juga mengungkap laporan provinsi soal persentase lansia yang belum divaksin. Bahkan yang belum divaksin sampai 90%.

“Sepuluh provinsi melaporkan proporsi populasi lansia yang tidak divaksinasi lebih besar dari atau sama dengan 90%: Aceh, Sumatera Barat, Maluku Utara, Papua, Lampung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan,” ungkap WHO.

WHO menilai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan akses dan kesadaran terhadap manfaat vaksin di antara populasi lansia dan berisiko tinggi tetaplah penting. Upaya ini bisa ikut menurunkan angka kematian.

“Upaya berkelanjutan untuk lebih meningkatkan aksesibilitas dan kesadaran akan manfaat COVID-19 vaksinasi di antara populasi yang lebih tua dan berisiko tinggi tetap penting untuk menurunkan angka kematian,” lanjut WHO.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.