Telepon Langsung ke Presiden Ukraina dan Rusia, Jokowi Minta Akhiri Perang

0
60
Presiden Jokowi (foto google)

TNews, NASIONAL – Presiden Jokowi menelepon sejumlah pimpinan negara termasuk Ukraina dan Rusia terkait KTT G20 di Bali. Jokowi menyerukan adanya solusi damai agar perang segera diakhiri.

Hal itu diungkap Jokowi salam siaran virtualnya di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022). Jokowi menyebutkan siapa saja pimpinan negara yang diteleponnya.

“7 Maret 2022 saya berkomunikasi dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, kemudian 8 Maret 2022 saya berkomunikasi dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan 16 Maret 2022 saya juga berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau,” kata Jokowi.

“Kemudian 22 Maret 2022 saya juga berbicara lewat telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan 31 Maret 2022 melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, serta 12 April 2022 dengan Sekjen PBB Antonio Guterres,” lanjutnya.

“Pada hari Rabu 27 April yang lalu, pukul 15.00 sore, saya berkomunikasi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan tadi malam Kamis 28 April saya melakukan pembicaraan per telepon dengan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa, dan tadi malam jam 7 saya berbicara per telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin,” sambung Jokowi.

Jokowi Undang Ukraina ke G20

Kepada Zelensky, Jokowi mendapat perkembangan terkini mengenai situasi di sana. Jokowi juga mengungkap kalau Zelensky meminta bantuan persenjataan.

“Dalam pembicaraan, dalam perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina, saya memperoleh update mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina, dalam pembicaraan itu dibahas juga berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia,” ucapnya.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.