Anggota Satgas TMMD Gelar Syukuran Bersama Warga

0
19
Gambar : Anggota Satgas TMMD Gelar Syukuran Bersama Warga, (23/9/2023).

TNews, KENDAL – Sebagai bentuk menghargai dan menghormati budaya luhur masyarakat Indonesia dan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat, personel yang tergabung dalam Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke–118 Kodim 0715/Kendal bersama warga mengadakan selamatan dan berdoa bersama di lokasi pembuatan Talut, di Desa Purwogondo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Sabtu (23/09/23).

Kegiatan selamatan ini dilakukan masyarakat Desa Purwogondo bersama personel Satgas TMMD yang hendak bertugas melakukan pembuatan Talut program TMMD ke-118.

Kehadiran Satgas TMMD ke-118 Kodim 0715/Kendal di tengah–tengah acara tersebut sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Diundangnya anggota Satgas TMMD di acara ini, merupakan indikasi positif bahwa kehadiran TNI tak hanya dapat diterima warga setempat melainkan mampu berbaur dengan masyarakat.

Acara selamatan yang dipimpin tokoh adat Desa Purwogondo Jazuli juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dusun setempat, serta warga sekitar.

”Mari saudara-saudara kita menundukkan kepala sejenak, hening, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar hajat kita dalam pembuatan Talut ini berlangsung lancar, aman, dan mendapatkan keselamatan,” ujar Jazuli memimpin selamatan.

Menurut Babinsa Purwogondo, Koramil 0715/13 Boja, Pelda M. Toha, acara selamatan itu biasa dilakukan di warga Desa Purwogondo dan desa lainnya.

”Acara seperti ini, biasanya dilaksanakan apabila ada kegiatan besar, seperti hajatan, pesta pernikahan, pembangunan tempat ibadah, panen raya, dan lain-lain. Jadi ini sudah mentradisi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa, bahkan Nusantara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan.*

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.