5 Jenis Olahraga yang Tepat untuk Dilakukan saat Menjalankan Ibadah Puasa

0
20
Ilustrasi jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan saat menjalankan ibadah puasa, (Gambar: Drazen Zigic on Freepik).

TNews, OLAHRAGA – Menjalankan ibadah puasa tidak menghalangi kita untuk tetap aktif berolahraga, tetapi jenis olahraga yang dipilih perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan rasa lelah yang berlebihan dan dehidrasi.

Dengan mengikuti jenis olahraga yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menjalani ibadah puasa. Berbagai penelitian juga menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Selain itu, rutin berolahraga saat puasa dapat membantu menurunkan berat badan, memperlambat proses penuaan, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat tulang dan otot, serta menjaga kesehatan mental.

Jenis Olahraga Saat Puasa

Jenis olahraga yang direkomendasikan saat puasa adalah olahraga dengan instensitas yang rendah hingga sedang. Pilihan olahraga yang bisa Kamu lakukan saat berpuasa, antara lain:

  1. Jalan kaki

Jalan kaki sangat cocok dijadikan pilihan olahraga saat sedang puasa. Selain tidak memerlukan perlengkapan dan tempat khusus, selama jalan kaki Kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar. Olahraga ini bisa Kamu lakukan sembari ngabuburit.

  1. Yoga

Malas keluar rumah untuk olahraga saat sedang puasa? Lakukan yoga saja! Yoga bisa membuat suasana hati membaik serta tubuh menjadi rileks dan bugar walaupun sedang puasa. Kalau Kamu butuh bimbingan untuk melakukan olahraga ini, Kamu bisa mengikuti tutorial yoga online yang tersedia di berbagai Platform media sosial.

  1. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga yang melatih kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas tubuh. Agar manfaat pilates bisa Kamu peroleh secara maksimal, pastikan setiap gerakannya dilakukan dengan benar.

  1. Bersepeda santai

Bersepeda santai di sekitar rumah bisa menjadi momen ngabuburit yang mengasyikkan. Kamu juga bisa keliling-keliling dengan sepeda sembari mencari camilan atau minuman untuk berbuka puasa nanti.

  1. Tai Chi

Tai Chi tergolong olahraga intensitas rendah yang mudah dan cocok dilakukan saat puasa. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh, serta ketenangan batin. Tai Chi dapat dipraktikkan secara individual atau kelompok dan tidak memerlukan alat khusus.

Nah, itulah jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan agar tubuhmu tetap fit dan sehat meski sedang berpuasa. Olahraga ini bisa Kamu lakukan selama 30 menit setiap harinya di waktu sore hari, yaitu 30–120 menit sebelum waktu berbuka.

Jangan lupa juga untuk tetap mengimbangi olahraga dengan pola makan sehat, cukup minum air putih saat sahur dan berbuka, serta tidur yang cukup.

Walau bermanfaat, Kamu juga perlu mendengarkan tubuhmu dan jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga jika Kamu merasa lemas atau pusing, karena itu justru berbahaya dan dapat mengganggu puasamu.

Jika Kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu dan ingin berolahraga ketika sedang puasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan mempertimbangkan dan merekomendasikan jenis olahraga yang aman Kamu lakukan saat puasa.*

Sumber: alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.