Manfaat Jogging bagi Kesehatan Mental

0
36

TNews, OLAHRAGA – Pagi-pagi memang identik dengan olahraga, entah itu dilakukan di dalam ataupun di luar ruangan. Salah satu yang sering menjadi pilihan untuk olahraga rutin setiap hari adalah jogging atau lari. Olahraga lari secara rutin juga menjadi rekomendasi dokter dan ahli bela diri untuk melatih tubuh supaya tetap sehat dan bugar.

Selain baik untuk fisik, ternyata lari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental kita lho. Dilansir dari verywellfit, jogging atau lari dapat bermanfaat bagi fleksibilitas mental dan kepercayaan diri. Selain itu, jogging juga dapat menghilangkan stres dan dorongan emosional yang berlebihan.

Lari adalah sejenis olahraga aerobik kardiovaskular yang baik untuk fungsi jantung. Aktivitas ini dapat mengirimkan lebih banyak darah yang sehat ke otak sehingga membantu kamu untuk dapat berpikir jernih, kemudian lari juga dapat melepaskan senyawa peningkat suasana hati yang alami dari dalam tubuh.

Ketahui yuk, manfaat jogging atau lari bagi kesehatan mental di bawah ini:

1. Mengubah Pikiranmu Menjadi Lebih Sehat

Berlari dapat membantu melatih pikiranmu seperti kamu melakukannya kepada tubuh. Kamu belajar fokus dan tekad untuk mencapai tujuan, mengatasi berbagai hambatan, dan juga kelelahan yang mendera tubuh secara perlahan. Kamu mendapatkan pengalaman baru mengenai kemampuanmu untuk bertahan mengatasi setiap masalah. Keinginan serta kekuatan dalam dirimu untuk berjalan semakin jauh dan mencapai target dalam berlari adalah kesempatan untuk memberikan dirimu kekuatan di area lain dalam hidupmu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Human Neuroscience bahwa pelari memiliki banyak koneksi yang menghubungkan jaringan parietal serta jaringan frontal dengan area lain di dalam otak sehingga membuat kamu bisa lebih mengontrol diri dan mengingat memori dengan baik.

Lari juga memungkinkan untuk menumbuhkan perkembangan sel baru dalam otak. Aktivitas aerobik adalah kunci yang terkait dengan pertumbuhan neuron dalam otak yang dinamakan dengan neurogenesis.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Lari dapat memiliki manfaat yang unik bagi otak. Dalam sebuah studi yang membandingkan orang yang rutin melakukan olahraga lari dengan orang yang aktif melakukan aktivitas fisik, menunjukkan bahwa pelari memiliki fleksibilitas secara kognitif.

Oleh karena itu, ia dapat lebih mudah untuk mengambil alih tugas secara efektif dan efisien, melakukan adaptasi dengan cepat serta membuat otak cepat tanggap terhadap rencana baru dalam perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar

3. Mengurangi Stres

Dikutip dari Medical Daily, lari atau jogging dapat mengurangi stres karena membantu relaksasi tidak hanya pada otot-otot, tapi seluruh bagian dalam tubuh. Setelah melakukan aktivitas lari, lalu kemudian berlanjut untuk membersihkan tubuh dengan mandi, akan membuat tubuh lebih santai dan bebas dari tekanan pikiran.

Hal-hal yang membuatmu khawatir dialihkan dengan melakukan aktivitas serta menggantikannya dengan pikiran yang lebih jernih. Memberikan kesempatan pada otak untuk berpikir positif begitu kembali pada masalah yang menyebabkan tekanan pada pikiran.

4. Memperbaiki Mood

Selain mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari, lari dan jogging memiliki pengaruh positif pada sikap dan perasaanmu. Dorongan hormon endorfin dalam tubuh saat berlari akan menyebabkan ledakan kesenangan dan tubuhmu akan didominasi oleh perasaan bahagia.

Hal ini membuktikan bahwa olahraga lari dapat meringankan gejala gangguan mood dan kecemasan. Studi pada tahun 2013, juga menunjukkan bahwa olahraga lebih efektif daripada terapi untuk mengurangi gejala depresi. Namun disampaikan pula, dalam penelitian tersebut kalau olahraga tidak lebih baik dari antidepresan.

Namun, berlari atau jogging bukan obat mujarab untuk kesehatan mental.

Diperlukan adanya penelitian lain yang lebih spesifik untuk mengetahui dampak secara langsung terhadap pencegahan atau perawatan kondisi psikologis seseorang.

Hal ini karena depresi merupakan keadaan kondisi tubuh dengan energi yang lemah dan hilangnya minat pada kegiatan yang dinikmati sebelumnya. Orang dengan depresi akan lebih sulit termotivasi untuk berlari.

Kendati pun demikian, jogging atau lari sangat baik untuk tubuh dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi pikiran. Jadi jangan ragu dan malas untuk berolahraga ya agar keseimbangan tubuh dan mentalmu tetap terjaga.

Sumber: Kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.