PSS Sleman Terancam Degradasi dari Liga 1

0
122
(foto google)

TNews, OLAHRAGA – PSS Sleman masih belum bisa menyelamatkan nasibnya dari jurang degradasi Liga 1 2021-2022 seusai kalah dari Persipura Jayapura pada pekan ke-32.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Minggu (20/3/2022) itu, PSS Sleman di ambang zona degradasi seusai tumbang 2-4 dari Persipura Jayapura.

Dengan kekalahan ini, PSS Sleman semakin dekat dengan bayang-bayang degradasi. Sebab, mereka tertahan di peringkat ke-16 dengan koleksi 33 poin dari 32 laga.

Jumlah ini hanya terpaut tiga poin dari Persipura Jayapura yang masih berada di peringkat ke-16 klasemen sementara.

Sejauh ini, memang hanya Persipura yang masih berpeluang untuk lolos dari zona merah. Sebab, Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh sudah dipastikan turun kasta pada musim ini.

Dengan demikian, satu tempat tersisa di zona degradasi masih akan terus diperebutkan hingga kompetisi Liga 1 2021-2022 berakhir.

Secara hitung-hitungan, ada empat kontestan Liga 1 2021-2022 yang masih berpeluang turun kasta. Selain Persipura, ada PSM Makassar, PSS Sleman, dan Barito Putera.

Meskipun demikian, ada sejumlah skenario yang bisa ditempuh PSS Sleman jika ingin lolos dari jurang degradasi pada musim ini.

Setelah kalah dari Persipura Jayapura pada pekan ke-32, tim Elang Jawa sebetulnya hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa lolos dari degradasi.

Setidaknya, masih ada dua laga yang akan dihadapi oleh tim asuhan I Putu Gede, yakni berjumpa Persela Lamongan (pekan ke-33) dan Persija Jakarta (pekan ke-34).

Kemenangan atas Persela Lamongan bisa membuat PSS Sleman mengoleksi 36 poin. Tim Elang Jawa sebetulnya punya peluang untuk menang.

Menurut jadwal, duel yang menentukan nasib PSS Sleman itu bakal terselenggara di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (24/3/2022).

Pasalnya, Persela Lamongan mengalami nasib yang kurang impresif dengan catatan 23 laga tanpa kemenangan di Liga 1 2021-2022.

Apabila sudah mengoleksi 36 poin, perolehan poin PSS Sleman memang bisa disamai oleh Persipura jika Mutiara Hitam sukses menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan.

Namun, tim Elang Jawa unggul selisih gol yang cukup jauh dari Persipura. Saat ini, PSS mencatat selisih gol -11, sedangkan Persipura Jayapura -27.

Oleh karena itu, kemenangan atas Persela sudah cukup bagi PSS untuk bertahan di Liga 1 pada musim depan.

Akan tetapi, apabila PSS kembali kalah dari Persela, maka mereka harus berjuang lebih berat untuk mengalahkan Persija Jakarta pada laga terakhir di Liga 1 musim ini.

Dengan demikian, PSS bisa bernafas lega bila mampu menang atas Persela. Jika skenario ini terwujud, apa pun hasil yang diraih saat berjumpa Persija sudah tak berpengaruh pada nasib Elang Jawa.

 

Sumber : bolatimes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.