Yamaha Kena Sanksi, Imbas ke Klasemen Motogp 2020

0
54

TNews, OLAHRAGA – Berikut update klasemen konstruktor MotoGP 2020 yang terbaru setelah Yamaha, beserta dua timnya di MotoGP 2020 yakni Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT, kena sanksi pengurangan poin.

Pabrikan Yamaha dijatuhi sanksi oleh FIM MotoGP Stewards karena melanggar regulasi. FIM tidak merinci detail pelanggaran pelanggarannya, dengan cuma menyebut Yamaha tidak mematuhi protokol.

“Karena pengawasan internal, Yamaha Motor Company gagal menghormati protokol yang mengharuskan mereka memperoleh persetujuan dengan suara bulat dari MSMA untuk perubahan teknis,” tulis pernyataan FIM.

Menurut Crash, sanksi diberikan karena Yamaha menggunakan komponen ilegal di MotoGP Spanyol. Yamaha diklaim menggunakan katup yang tidak sesuai dengan aturan homologasi mesin yang ditetapkan sebelum musim kejuaraan digelar.

Imbasnya, pabrikan Yamaha kena sanksi pengurangan 50 poin di tabel konstruktor. Sementara tim Monster Energy Yamaha kena pengurangan 20 poin, dan tim satelitnya yakni Petronas Yamaha SRT juga kena pengurangan 30 poin.

Adapun para ridernya tidak kena sanksi. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli bebas sanksi.

Dengan hanya tim dan pabrikan yang terkena sanksi, maka ada perubahan posisi di klasemen konstruktor MotoGP 2020. Yamaha harus lengser dari posisi teratas.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.