Perbedaan 5G VS 4G, Jauh Lebih Cepat?

0
403

TNews, SAINS TEKNO – Jaringan 5G mulai masuk Indonesia, dipelopori oleh Telkomsel. Untuk menyambutnya, sudah sewajarnya kita mengetahui perbedaan 4G dan 5G.

Melansir situs High Speed Internet, Selasa (25/5/2021) ini dia beberapa fakta yang dapat membedakan antara jaringan generasi ke-4 alias 4G dengan jaringan terbaru 5G:

  1. Seberapa cepat 4G vs 5G

Di beberapa area, 5G hanya sedikit lebih cepat daripada 4G, mencapai kecepatan rata-rata sekitar 49-60 Mbps. Di lokasi yang lebih padat penduduknya, 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G, mencapai kecepatan rata-rata hampir 500 Mbps. Itu perbedaan yang sangat besar dibandingkan 4G yang kisarannya 30 Mbps.

5G jauh lebih cepat daripada 4G karena menggunakan pita radio frekuensi tinggi untuk mengirimkan sinyal Wi-Fi. Beberapa dari band ini sebelumnya memiliki penggunaan komersial yang sangat sedikit, jadi 5G menciptakan lebih banyak ruang melalui gelombang udara untuk membawa data.

  1. Beda teknologi 4G vs 5G

4G adalah generasi keempat dari teknologi nirkabel. Ini menggunakan menara radio untuk memberikan layanan telepon dan internet nirkabel ke perangkat seluler, menawarkan kecepatan lebih tinggi dan kapasitas lebih dari 3G dengan penggunaan protokol komunikasi yang diperbarui.

5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, 5G juga menghadirkan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan dan waktu respon yang lebih cepat.

  1. Ketersediaan 4G vs 5G

Sebagian besar penyedia seluler telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun infrastruktur 4G dan mereka baru saja mulai membangun jaringan 5G. Jadi 4G tersedia cukup banyak di mana saja – kecuali untuk daerah terpencil dan komunitas pedesaan dengan akses seluler terbatas — sementara jangkauan 5G untuk saat ini terbatas di kota-kota besar dan kecil.

Nah, jika daerah kamu termasuk yang bisa mendapatkan 5G, kamu tetap memerlukan ponsel 5G untuk mengakses jaringan. Ponsel akan kembali ke 4G saat 5G tidak tersedia. Sebuah laporan pada Juni 2020 dari Opensignal menunjukkan bahwa pelanggan dengan ponsel 5G berada di jaringan 5G hanya dalam sebagian kecil dari waktu mereka selama menggunakan ponsel mereka sepanjang hari.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.