Waspada! Ini 5 Tanda Hp Kamu Disadap

0
217
Ilustrasi Hp Dibajak. (Foto : liputan6)

TNews, SAINS TEKNO – HP disadap atau diretas sering terjadi karena kejahatan di bidang siber terus meningkat. Kejahatan ini dilakukan oleh hacker kriminal untuk mencuri data-data penting yang ada di HP.

Apalagi HP memiliki banyak data dan informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya. Bahkan, aplikasi perbankan ada di HP sehingga penting untuk memastikan HP tidak disadap.

Ada tandanya HP disadap, paling umum adalah baterai HP yang gampang habis. Lantas, apa saja tanda-tanda HP yang diretas? Simak di bawah ini sebagaimana dirangkum dari Techlicious.

  1. Baterai HP gampang habis

Baterai HP memang akan berkurang dari waktu ke waktu, akan tetapi jika habisnya tidak wajar, bisa jadi HP kamu memiliki aktivitas yang dijalankan oleh hacker. Bisa saja, perangkat dikuras habis baterainya untuk mengirimkan informasi yang ada ke server pelaku kriminal.

  1. Data internet tinggi

Tanda lain HP diretas oleh hacker adalah penggunaan data internet yang lebih tinggi dari biasanya. Bisa jadi, ada malware atau aplikasi mata-mata (spy app) yang terus berjalan untuk mengirimkan informasi ke server lain

  1. HP lambat

Kamu merasa performa HP menjadi lebih lambat? Bisa jadi HP kamu disadap sehingga membebani sumber daya Hp atau bentrok dengan aplikasi lain.

  1. Ada SMS dan panggilan mencurigakan

Jika kamu menyadari daftar SMS atau panggilan mencurigakan yang tidak pernah kamu lakukan, bisa jadi itu kerjaan hacker! Hacker membebani biaya panggilan dan pesan dengan memotong pulsa pengguna.

  1. Iklan pop-up aneh

Bisa saja smartphone tersebut disusupi adware, suatu bentuk malware yang memanen klik dan uang korban. Kalau sudah begitu, kamu harus waspada dan cepat membersihkan HP agar data di HP aman.

Sumber : inetdetik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.