Wow! Ini Penghasilan Youtuber Sampai Orang Rela Bikin Konten ‘Sampah’

0
113

TNews, JAKARTA – Mengunggah video ke YouTube memang bisa mendatangkan cuan, syarat utamanya tentu adalah viewers yang banyak. Maka tak heran, ada saja yang sengaja buat video ‘nyeleneh’ demi menarik banyak viewers. Lalu, berapa banyak sih penghasilan yang bisa didapat seorang YouTuber lewat 1 video yang diunggahnya?

Melansir berbagai sumber, seorang YouTuber dapat menghasilkan pendapatan antara US$ 0,10 hingga US$ 0,30 per tampilan iklan di video yang diunggah YouTuber tersebut. Namun, rata-rata yang diperoleh YouTuber mencapai US$ 0,18 setara Rp 2.610 (kurs Rp 14.5000) per tampilan iklan untuk 1 video.

Jadi, bayangkan bila memiliki minimal 1.000 view per hari untuk 1 iklan dalam 1 video yang diunggah di Youtube, bisa menghasilkan Rp 2,6 juta per hari. Bila jumlah ini terus bertambah selama 1 bulan, maka tinggal dikalikan saja sebanyak viewers yang Anda tarik selama sebulan.

Mengutip hitung-hitungan versi Forbes, sebuah video di YouTube dengan 1 juta views dapat menghasilkan lebih dari US$ 5.000 setara Rp 72,5 juta. Hal inilah yang kemudian membuat pekerjaan sebagai YouTuber menjadi sangat digandrungi.

Belum lagi, dengan jumlah subscriber yang didapat, bisa dimanfaatkan untuk menarik uang tambahan lewat endorse produk ke perusahaan-perusahaan ternama.

“Jika viral dan banyak mendapat views ini kan dapat diterjemahkan dapat uang khusus dari konten YouTube termasuk juga membangun atau mengkoleksi subscriber yang juga bisa dijadikan pasar untuk mempromosikan atau endorse produk,” ujar Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi kepada, Selasa (4/8/2020).

Setelah berhasil meraup pendapatan dari iklan, Anda juga bisa dibayar oleh YouTube lewat YouTube Partner Program (YPP). Agar dapat dibayar oleh YouTube, Anda harus mencapai saldo US$ 100 dari penghasilan iklan tadi. Artinya, Anda harus mampu mengumpulkan minimal 20.000 views jika rata-rata yang anda terima US$ 5 per 1.000 views.

Syarat lainnya, Anda harus memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan meraih 4.000 jam tayang publik dalam 12 bulan terakhir.

Cara lainnya adalah dengan endorse suatu produk tertentu. Seperti channel YouTube Ryan ToysReview, siapa sangka, hanya dengan memamerkan koleksi mainan yang ia miliki, YouTuber satu ini mampu mendapat penghasilan dari review produk hingga sebesar US$ 22 juta setara Rp 319 miliar pada 2018 lalu.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.