Ini Negara Pertama Jadi Tuan Rumah Piala AFF

0
73

TNews, SEJARAH – Piala AFF merupakan salah satu kejuaraan sepak bola bergengsi di Asia Tenggara. Tahun ini, kejuaraan tersebut  digelar di Singapura.

Timnas Indonesia akan memainkan laga perdananya di Grup B melawan Kamboja. Duel penting ini akan digelar di Stadion Bishan, Singapura, Kamis petang (9/12/2021).

Piala AFF sendiri bermula ketika Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) tahun 1996 berinisiatif membentuk turnamen antarnegara di Asia Tenggara. Selain sebagai hiburan, penyelenggaraannya bermaksud agar sesama negara tetangga memiliki turnamen yang kompetitif.

Saat itu, negara-negara di Asia Tenggara terlanjur kesulitan untuk tampil di turnamen yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Piala AFF pun jadi solusi agar kualitas tim sepak bola dari Asia Tenggara tidak terlampau jauh ketinggalan.

Enam negara insiator Piala AFF adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Kejuaraan itu diberi nama Piala Tiger karena berdasarkan sponsor waktu itu, yaitu perusahaan bir Singapura. Kejuaraan Piala Tiger berubah jadi Suzuki AFF Cup atau Piala AFF mulai 2008.

Pada edisi pertama, Piala Tiger diikuti enam anggota AFF plus empat tim undangan, yakni Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Kejuaraan tersebut berlangsung dengan 24 pertandingan.

Kejuaraan Piala AFF edisi pertama digelar di Singapura. Turnamen tersebut mampu menyedot publik untuk menonton.

Thailand akhirnya memastikan diri sebagai juara Piala Tiger edisi pertama itu setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di final.

Netipong Srithong-in dari Thailand terpilih sebagai top skorer dengan tujuh gol. Sementara, Zainal Abidin Hassan dari Malaysia terpilih sebagai pemain terbaik.

 

Sumber : liputan6.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.