Teknologi Digital Nusantara dan Manfaat Bagi Masyarakat Touna

0
457
Direktur PT Tilongkabila Teknologi, Presiden Direktur PT Nextron Indonesia, Direktur Area PT Tilongkabila wakil Ketua Kadin. (Foto Dales Lantapon)

TNews, TOUNA – Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer.

Pada dasarnya teknologi digital memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik sehingga dapat komputer baca. Salah satu contohnya telepon seluler, di mana saat menelpon digit yang dikirimkan ke penerima di suatu tempat menggunakan gelombang radio.

Hadirnya teknologi digital yang bakal di berikan secar gratis ke Desa, merupakan terobosan baru yang nantinya akan di lakukan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Telekomunikasi yakni PT Tilongkabila Tecknologi Indonesia yang bekerjasama dengan PT Nextron Indonesia,nantinya akan di Louncing oleh Gubernur Sulteng.

Tower untuk Jaringan WiFi yang diuji coba di wilayah Desa Uebone

Direktur Utama PT Tilongkabila Tecknologi , Haji Idrus Lasimpala yang berkunjung ke Tojo Una Una bersama Presiden Direktur PT Nextron Indonesia Lee Ki Sou,di dampingi Wakil Ketua Kadin dan Menager Area Sulteng PT Tilongkabila  Aceng Lahay bersama Rombongan, berkesempatan memaparkan program yang akan di laksanakan di Kabupaten Tojo Una Una.

Haji Idrus Lasimpala yang bukan lain adalah putra Daerah Kabupaten Tojo Una Una mengatakan bahwa dirinya siap menghadirkan program Digital Nusantara, yang mana program ini nantinya sangat bermanfaat bagi Masyarakat hingga ke pelosok Touna.

“Insyallah program ini sementara kita buat  nantinya akan bisa bermanfaat bagi Masyarakat,” jelasnya.

Ketika Program Digital Nusantara ini berjalan Masyarakat akan yang ada di pelosok yang belum memiliki jaringan tentunya akan menikmati internet secara gratis. “Misalnya kita akan siapkan alat alat penunjang dan itu sudah sementara kita buat,” tambahnya.

Lanjut Haji Idrus Lasimpala mengatakan bahwa dirinta dibesarkan di Tojo Una Una dengan berbagai kekurangan.

“Hari ini saya datang lagi untuk mengaplikasikan ilmu yang saya miliki di bidang digital tetang Jaringan. Saya ingin majukan Touna lewat program digital Nusantara, disini Masyarakat bisa menikmati hasil karya dari kita, dan kita kini telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar asal dari Korea yakni PT Nextron Indonesia yang pada hari ini presidan direkturnya bersama jajaranya juga hadir di sini bersmaa kami untuk melihat langsung kondisi wilayah di sini,” tandasnya.

Jadi yang paling penting itu ada jaringan Internet, yang jelas tujuan kita mempermuda masyarakat dan membantu petani, nelayan, sekolah dan lainya.

“Nanti kita akan sampel dulu, liat saja alat yang kita pasang pasang tanpa jaringan kabel penghubung yang biasa kita liat pada umumnya.Kita gunakan gelombang suara untuk menangkap jaringan,” jelasnya.

Dia berharap nantinya kepala desa bisa berperan di sini karena program ini tidak merugikan mereka malahan menguntungkan. “Dan kalau jalan ini program maka ada banyak manfaat yang masyarakat dapat,” ucapnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.