Antisipasi PMK, Dinas Petarnian Touna Lakukan Pengawasan Ketat

0
63
Salah satu ternak sapi di Touna. (FOTO : Dales/TNews)

TNews, TOUNA – Dinas Peternakan Kabupaten Tojo Una Una Tingkatkan pengawasan terhadap wabah penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di wilayah Kabupaten Tojo Una Una yang mencakup darat dan kepulauan,hal itu disampaikan Kepala bidang Peternakan Moh Amin,S.T, Senin 27 Juni 2022 kemarin.

Menurut Amin bahwa pihaknya segera menindak lanjuti  surat edaran Gubernur Sulteng dan surat edaran Bupati yang melibatkan beberapa stakeholder seperti pembentuka satgas oleh gubernur Sulteng.Dolapanhan nanti kita akan melakukan pengawasan bersamaan dengan vaksinasi ternak sapi,jelasnya.

Lanjuta amin katakan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi terkait pandemi PMK untuk sapi sapi ternak yang ada di Kabupaten Tojo Una Una, tuturnya.

Kita juga lakukan pengawasan di perbatasan dan memeriksa semua sapi yang masuk dari luar guna mengantisipasi masuknya wabah PMK tersebut Perbatasan yang kita awasi yakni wilayah Perbatasan Kabupaten Banggai Touna ,Poso Touna dan wilayah Gorontalo Touna.Nah itu tadi dalam pengawasan ini kita bersinergi dengan dibentuknya satgas,tandasnya.

Lanjut Amin katakan untuk pemeriksaan sapi sapi persiapan Qurban di lebaran Idul Adha nanti, kita bersama tim namun kita masih menunggu perintah pimpinan,seperti apa yang harus kita lakukan.Secara teknis sudah tinggal kita lakukan action,tambahnya.

Semntara itu untuk kabupaten Tojo una-una Una hingga saat ini masih aman ,belum ada terditeksi wabah virus PMK ini.Namun kita tetap waspada selalu meningkatkan pengawasan di lapangan.

Dia berharap kepada para peternak maupun pedangan sapi serta pemotong sapi di Kabupaten Tojo Una Una jika ditemukan beberapa kendala pada ternak sapi ataupun sapi yang akan di potong agar segera melaporkan ke pihak dinas Pertanian atau ke satgas,agar kota segera menindak lanjuti laporan tersebut dan segera lakukan pemeriksaan.

Diketahui bahwa gejala awal dari virus PMK ini adalah menggeretakan gigi,menggosokkan mulut,leleran mulut,suka mendendangkan kaki,efek ini disebabkan karena vesikula(lepuhan) pada membrane mukosa hidung dan bukan,lidah,nostril,moncong,bibir,puting,ambing,kelenjar susu, ujung kuku dan sela antar kuku.

Reporter : Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.